Jumat, 27 November 2020
Wisata & Sejarah
Pantai Dooagh

33 Tahun Menghilang, Pantai Ini Mendadak Muncul Kembali

Kamis, 11 Mei 2017
Reuters

PANTAI Dooagh di Pulau Achill, pesisir barat Irlandia, muncul kembali setelah hilang selama 33 tahun.*    

KISUTA.com - Sebuah pantai di Irlandia menghilang ke Samudera Atlantik. Secara tiba-tiba, pantai tersebut muncul kembali setelah 33 tahun berlalu.

Pantai ini terletak di sebuah pulau terpencil, Pulau Achill, tepatnya di dekat desa kecil, Dooagh, pada pesisir barat Irlandia. Pantai sepanjang 300 meter itu menghilang pada 1984 ketika badai meniup habis pasirnya, dan meninggalkan bebatuan di bawahnya.

Tetapi setelah gelombang pasang pada musim semi bulan lalu, penduduk setempat menemukan bahwa Samudera Atlantik telah 'mengembalikan' pasir pantai tersebut. Demikian dikabarkan Reuters, Selasa (9/5/2017).

"Jumlahnya amat signifikan," ujar Sean Molloy dari kantor pariwisata Achill kepada surat kabar Irish Times. Ia menambahkan, pantai tersebut dulunya amat populer dan menjadi destinasi wisata para tamu di empat hotel serta beberapa villa di sekitarnya. Pulau Achill sendiri dihuni 2.600 orang.

"Achill sudah memiliki lima pantai berbendera biru. Kami berharap jumlahnya bertambah menjadi enam," imbuh Molloy.

Achill merupakan pulau terbesar di pesisir Irlandia serta menjadi bagian dari Jalur Liar Atlantik. Jalur ini membentang dari belahan utara ke barat laut Irlandia serta meningkatkan kunjungan turis di negara tersebut.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR