Jumat, 22 Januari 2021
Wisata & Sejarah
Kampung Pempek

Berburu Kapal Selam di Ilir Palembang

Minggu, 19 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com
PUSAT Penjualan pempek dan kemplang di Palembang. Lokasinya tengah kota, di Jalan Mujahidin 26, Ilir Palembang.*

KISUTA.com - Setiap kita datang di Palembang, makanan maupun oleh-oleh yang kita cari adalah pempek atau kemplang. Pempek adalah makanan khas Palembang dari tepung kanji yang dicampur dengan daging ikan yang digiling lembut serta telur, bawang putih yang dihaluskan. Sedang kemplang merupakan kerupuk khas Palembang dengan citarasa ikan tenggiri.

Kerupuk Kemplang terbuat dari adonan tepung dengan ikan tenggiri, meski kalau tidak ada ikan tenggiri, ikan gabus atau ikan-ikan lain yang berdaging putih. Adonan itu setelah dicampur, dicetak, dikukus lalu digoreng atau dipanggang.

Pempek banyak jenisnya seperti Kapal Selam, baik Kapal Selam besar maupun kecil, Lanjar besar maupun kecil dan sebagainya. Pempek Kapal Selam atau lainnya , juga Kemplang gampang dicari di Kampung Pempek, tepatnya di Jalan Mujahidin 26, Ilir Palembang.

"Kini di Palembang sudah ada Pusat Penjualan pempek dan kemplang. Lokasinya tengah kota, tidak jauh darit Masjid Besar Sultan Badaruddin Palembang maupun Jembatan Ampera yang terkenal itu," ungkap Atika, penduduk Palembang.

Kampung Pempek Ilir Palembang terdapat belasan penjual pempek, bahkan puluhan kios penjualan Pempek, seperti kios pempek Dayat, kios pempek Edy, kios pempek Cindy, kios pempek Ony, dan sebagainya. Pempek yang dijual, juga beragam, ada jenis Kapal Selam, Lanjar Besar dan Kecil, Adaan, Kulit dan masih banyak lagi jenisnya.

"Harga pempek bergantung jenisnya, misal Pempek Kapal Selam besar Rp13.000 per buah, Kapal Selam kecil Rp3.500 per buah, Lenjer besar Rp13.000 per buah, Lenjer kecil Rp3.500 per buah, Pempek Adaan Rp3.500 per buah, Pempek Kulit Rp3.500 per buah, dan sebagainya," ungkap Shinta, penjual Pempek di Kampus Pempek Ilir Palembang.

Shinta mengatakan, pempek yang dijual di Kampung Pempek Ilir bisa dimakan di tempat maupun dibawa pulang sebagai oleh-oleh, bahkan apabila hendak dikirim ke luar kota, di kawasan Kampung Pempek banyak terdapat jasa pengiriman paket. Sehingga wisatawan yang tidak ingin ribet oleh bawaan termasuk kemasan pempek, bisa dikirim ke luar daerah dengan memanfaatkan jasa pengiriman paket.

Selain makanan Pempek, di Kampung Pempek Ilir Palembang, juga banyak dijual makanan Kemplang sepintas mirip kerupuk. Kemplang banyak ditemui pada penjual Pempek, dengan berbagai macam, seperti Kemplang Panggang, Kancing, Peser, Keriting Mawar dan Kerupuk Getas.

"Harga Kemplang juga bervariasi, mulai Rp9.000 per kemasan plastik, hingga Rp20.000 per kemasan plastik," ujar Shinta yang kiosnya juga menjual Kemplang selain Pempek.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR