Rabu, 12 Agustus 2020
Wisata & Sejarah

Berkuda Santai Keliling Telaga Sarangan. Menikmati Bayang-bayang Gunung Lawu

Minggu, 14 Juni 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com
WISATAWAN sedang berkuda keliling telaga.*

KISUTA.com - Sisi timur Gunung Lawu, terdapat lokasi wisata berupa telaga di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Karena berada di ketinggian lereng gunung, udaranya berhawa sejuk dingin, sekitar 15 derajat celsius.

Telaga itu adalah Telaga Sarangan. Telaga Sarangan memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman mencapai 30 meter. Air telaganya jernih sehingga memantulkan bayang-bayang Gunung Lawu.

Telaga ini tepatnya berada di lereng timur Gunung Lawu, di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dari kota Solo ke arah timur berjarak sekitar 50 km menembus hutan Cemorosewu, dari kota Madiun ke arah barat sekitar 40 km.

Untuk memasuki kawasan Telaga Sarangan, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp. 7.000,- per orang. Bisa membawa mobil atau sepeda motor dan diparkir pinggiran telaga. Apalagi kawasan sekitar telaga banyak terdapat penginapan berupa hotel dan losmen, juga banyak rumah makan maupun warung makan.

Makanan yang ditemui lebih banyak bernuansa khas setempat, seperti pecel Madiun, sate kelinci, makanan ringan Jangkring Bakar, Sarang Madu dan sebagainya.

Pesona Telaga Sarangan sungguh menarik lantaran tidak hanya dihiasi pemandangan alam pengunungan. Apalagi sebentar-sebentar dibaluti kabut. Bahkan di kawasan itu, pengunjung bisa menikmati telaga dengan berkeliling diatas air telaga dengan naik kapal boat atau berkuda mengelilingi telaga atau berkendaran bermotor apalagi jalanan keliling telaga sudah beraspal.

"Naik boat cukup bayar Rp. 60.000,- sekali keliling telaga. Kalau naik kuda memutar telaga cukup Rp. 40.000,-. Bisa berkuda santai keliling telaga," ujar Ita, pengunjung yang mengaku berasal dari Sriwedari Solo.

Tetapi bisa juga bila ingin berjalan kaki saja, sekalian berolah raga mengelilingi telaga, sambil menikmati pesona pemandangan alam. Jarak keliling telaga sekitar empat kilometer. Sehingga tidak terlalu jauh. Namun cukup bisa membuat badan berkeringat.

Bagi mereka pengunjung yang ingin bermalam, tarif hotel di kawasan telaga tidak mahal, dan cukup bervariasi. Mulai seharga Rp. 100.000,- permalam hingga Rp. 500.000,- per malam."Itu sudah termasuk fasilitas air panas. Makanan juga tidak mahal," ujar Anjar Santoso, wisatawan asal Madiun.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR