Sabtu, 8 Agustus 2020
Wisata & Sejarah
Pantai Sadranan

Berpasir Putih Berkarang Koral, Surga Menyelam di Gunung Kidul

Minggu, 26 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com
PANTAI Sadranan cocok untuk snorkeling. Pantainya berpasir putih dan di beberapa tempat berkarang koral.*

KISUTA.com - Ada puluhan pantai di kawasan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya ada yang sungguh mempersona. Pantai itu adalah Pantai Sadranan. Pantainya berpasir putih dan di beberapa tempat berkarang koral. Pantai itu tidak hanya indah bila saat sunset maupun sunrise. Juga cocok untuk snorkeling. Bahkan tidak saja banyak didatangi wisatawan domestik, tetapi wisatawan mancanegara.

Ombaknya relatif tenang karena adanya penghalang alami, yang memecah ombak di depan pantai. Penghalang berupa pulau kecil dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini, terutama sebagai lokasi snorkeling. Sehingga disukai sebagai untuk bermain anak-anak, baik untuk berenang maupun menikmati warna-warni ikan.

"Di pantai Sadranan ini, wisatawan tersedia persewaan perlengkapan snorkeling, alat selancar, warung makan, gazebo, kamar mandi, tempat ganti pakaian, penginapan hingga jasa foto dalam air," ungkap Yuliana, salah seorang wisatawan dari Solo.

Untuk snorkeling, menurut Yuliana, pemandangan indah bawah permukaan air sungguh sayang untuk dilewatkan. Terdapat berbagai spesies terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. Bahkan termasuk beberapa jenis ikan yang dilindungi.

"Persewaan perlengkapan snorkeling maupun alat selancar mudah didapat sehingga tidak perlu membawa sendiri dari rumah. Biaya penyewaan alat relatif murah," ujarnya.

Selain snorkeling, kita wisatawan bisa bermain di pantasi sambil mendayung kano. Sembari menikmati hempasan ombak, birunya air laut, dan gundukan karang. Ada persewaan fasilitas kano sewa cukup Rp 50.000 untuk sewa perahu per jamnya.

Yuliana mengungkapkan waktu yang ideal bagi snorkeling atau selancar, yakni antara pukul 6.00 hingga 8.00 pagi, atau pukul 16.00 hingga 17.30 sore. Namun umumnya mereka pada memilih sore hari. Selain tidak panas terik matahari, mereka bisa menikmati pemandangan sunset.

Untuk mencapai Pantai Sadranan, cukup menempuh waktu sekitar dua jam perjalanan dari kota Yogyakarta. Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Jalanan halus beraspal.

Sementara sebutan Sadranan, berasal dari kata Nyadran. Menurut Parto, penduduk asli Tepus, Nyadran berasal dari sebuah ritual tradisi Jawa, ritual sedekah laut, yang rutin diselenggarakan di pantai ini.

"Ritual Nyadran ini bisanya diselenggarakan pada saat pasaran pahing tiap tahunnya atau pada saat selesai panen," ujarnya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR