Jumat, 27 November 2020
Wisata & Sejarah
Suku Karo

Bersolek Molek Saat Mencari Cinta

Senin, 21 November 2016
dailymail.co.uk

UNTUK terlihat menarik, pria dan wanita Suku Karo menghiasi wajah dan tubuh mereka dengan kapur putih dan oker merah. Cara berdandan seperti itu, juga dilakukan supaya mereka terlihat berani.*

KISUTA.com - Banyak cara dilakukan untuk menarik perhatian lawan jenis. Mulai dari berdandan hingga mengenakan pakaian indah.


Namun apa yang dilakukan pria dan wanita Suku Karo di Ethiopia ini sedikit unik. Untuk terlihat menarik, mereka menghiasi wajah dan tubuh mereka dengan kapur putih dan oker merah. Cara berdandan seperti itu, juga dilakukan supaya mereka terlihat berani.


Dikabarkan dailymail.co.uk, kapur putih dan oker merah menghiasi tubuh pria dan wanita Suku Karo dengan beragam bentuk, seperti spiral, lingkaran, dan bentuk-bentuk rumit lainnya. Seorang mahasiswa ekonomi di Amerika Serikat bernama Vicente Pamparo berhasil merekam keindahan dan keunikan hiasan kapur putih dan oker merah di tubuh pria dan wanita Suku Karo.


Vicente berhasil menemui Suku Karo yang tinggal di tepi timur Ethiopia, Omo River. Saat ini jumlah penduduk Suku Karo tinggal sekitar 1.000 orang. Mereka hidup dari pertanian dan perikanan. Makanan sehari-hari mereka adalah jagung, sorgum, kacang serta ikan. Mereka juga memelihara kambing dan sapi untuk diambil susu dan dagingnya.


Menurut Vincente, Suku Karo adalah kelompok yang mempunyai rasa estetika tinggi. Selain berdandan menggunakan kapur putih yang dicampur lemak dan oker merah, pria dan wanita suku ini memotong rambut mereka seperti bentuk mangkuk. Model ini sangat terkenal di kalangan mereka.


Berdandan menggunakan kapur putih dan oker merah, tak hanya untuk menarik lawan jenis. Namun juga untuk meningkatkan status mereka serta menakuti musuh.


Dandanan unik tersebut tidak dilakukan setiap hari, biasanya saat ada perayaan penting, menerima kunjungan tamu, serta ketika terjadi konflik antara klan. Namun banyak juga yang berdandan seperti itu hanya sekadar alasan estetika.* Ati - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR