Jumat, 18 September 2020
Wisata & Sejarah

Cincin Akik di Swedia Berusia Lebih 1.000 Tahun Ini Bertuliskan 'Allah'

Rabu, 12 Agustus 2020
Ist.
CINCIN batu akik ini ditemukan di dalam kuburan seorang wanita abad kesembilan di Swedia. Batu akik yang ada di dalamnya terukir sebuah prasasti huruf Arab yang mengatakan 'untuk Allah' atau 'kepada Allah'.*

KISUTA.com - Cincin batu akik berukir yang dibuat lebih dari 1.000 tahun yang lalu telah menegaskan adanya kontak antara bangsa Viking dan dunia Islam.

Dikabarkan Daily Mail, beberapa waktu lalu, cincin ini ditemukan di dalam kuburan seorang wanita abad kesembilan di Swedia. Batu akik yang ada di dalamnya terukir sebuah prasasti huruf Arab yang mengatakan 'untuk Allah' atau 'kepada Allah'.

Penemuan artefak ini telah menegaskan teori bahwa peradaban Viking telah melakukan bisnis dengan para pedagang Islam.

Cincin itu ditemukan selama penggalian di pusat perdagangan Viking di Birka, Swedia, pada tahun 1800-an, seperti dilaporkan Science News yang dikutip Daily Mail.

Saat itu diperkirakan batu cincin ini adalah jenis amethyst violet, namun kini para ahli telah mengungkapkan bahwa itu adalah kaca berwarna, bahan eksotis pada saat itu.

Para peneliti di Universitas Stockholm menggunakan pemindaian mikroskop elektron untuk menentukan materi dan untuk mengungkap secara jelas tulisan Arab kuno yang disebut Kufi yang berbunyi 'untuk Allah' atau 'kepada Allah'.* das - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR