Rabu, 27 Oktober 2021
Wisata & Sejarah

Desa Ngerangan Klaten, Cikal Bakal Hidangan Khas Angkringan

Minggu, 18 Juli 2021
Dok.Pri
DIREKTUR Bumdes Ngerangan, Gunadi, S.Pd.*

KISUTA.com - Desa wisata sejarah cikal bakal Angringan yang ada di Desa Ngerangan Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten menjadi salah satu bukti sejarah yang saat ini masih ada. Bukti sejarah akan menjamurnya hidangan khas angkringan banyak ditemui di berbagai wilayah.

“Di tahun 2019 kami memulai untuk bersama-sama berniat untuk kemajuan desa. Kami mulai dari membuat branding desa, yakni desa cikal bakal Angringan. Notebene desa inisiator angkringan berkembang di Indonesia di desa Ngerangan,” ungkap Direktur Bumdes Ngerangan, Gunadi, S.Pd.I di Klaten, Jumat (16/7/2021).

Lebih lanjut Gunadi mengatakan, kemudian berkembang menjadi sejarah desa cikal bakal angringan dengan beberapa prestasi menjadi semangat baru bagi desa Ngerangan untuk kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Salah satu pendagang angkringan Mbah Wiryo Jeman mengungkapkan angringan yang dijual, antara lain, karak dibunteli, kacang dibungkus daun dan sebagainya.

Gunadi mengatakan, di desa itu ada pula blangkon di dukuh Wedutan, Kampung Jahe di dukuh Pilang, Kampung Pecel di dukuh Mojorejo, Tiwul di dukuh Keteng, angringan di kampung sawit.

“Kami bumbes Nerang Dedes Cankrangan, menghaturkan terima kasih kepada Pemeritah Pusat, Pemerintah Propinsi dan Pemeritah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Desa atas dukungan terhadap desa Ngerangan bisa lebih dan lebih maju,” ungkap Gunadi.

Kegiatan ini dilengkapi FGD , dengan narasumber antara lain; Dir Wiryanta, MA, PhD Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Dirjen IKP Kominfo, dan tim Maroli J Indarto, Sarjono, Wiaji, Dr. Sudarso ( Akademisi) serta Eko prasetyo Seniornya jurnalis, Samuel Wahyu Media.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR