Jumat, 27 November 2020
Wisata & Sejarah

Jabar Buka Kembali Tempat Wisata di Kawasan Zona Biru

Kamis, 11 Juni 2020
IST.
SEJAK 5 Juni 2020, Pantai Pangandaran dibuka kembali dengan protokol kesehatan ketat yang wajib dilaksanakan bagi para pengunjung.*

KISUTA.com - Sejumlah daerah di Jawa Barat (Jabar) sudah bersiap untuk membuka kembali lokasi wisata. Namun, di sisi lain perlu kesiapan lokasi wisata agar tidak menjadi lokasi baru bagi penularan Corona.

Kepala Disbudpar Jabar, Dedi Taufik, mengatakan ada 15 kawasan masuk zona biru yang dimungkinkan kembali membuka lokasi wisata. Pihaknya pun sudah melakukan survei lokasi wisata di kawasan tersebut.

"Seminggu ini kami sudah meninjau lokasi wisata, apakah bisa dibuka atau tidak. Tapi kita tegaskan harus mematuhi Pergub Nomer 46. Pertama yang dibuka selama AKB adalah tempat ibadah, wisata Minggu depan," tegasnya dalam konpres di Gedung Sate Bandung, Selasa (9/6/2020).

Dedi mengatakan, beberapa kota yang sudah disurvei antara lain Cirebon, Kuningan, Subang, Tasikmalaya, Garut, hingga Pangandaran.

"Pangandaran, sudah buka tapi ketat. Pengunjung harus membawa surat bebas Covid-19, dan ada tes di posko setempat. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan. Jika tidak, akan ada sanksi. Kawasan wisata wajib memiliki tim gugus tugas dan posko," tegasnya.

Ia mengakui, selama pandemi terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan asing sebesar 16 persen, sementara wisatawan Nusantara turun hingga 80 persen. Pihaknya telah menyiapkan insentif bagi pelaku wisata yang terdampak.

Menurutnya, ada sekitar 59 ribu pekerja wisata dan hotel terdampak dan sekitar 2.000-an hotel dan restoran yang tutup.

"Kami ingin segera buka, tapi sementara maksimal hotel itu 50 persen dan restoran maksimal 30 persen dari kapasitas kunjungan. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan atau jika tidak akan ada sanksi tegas," tegasnya.* harie – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR