Jumat, 27 November 2020
Wisata & Sejarah

Letupan Bledug Kuwu, Pesona Wisata Alam Grobogan

Senin, 1 Juni 2020

Pesona alam seperti Bledug, mungkin hanya di Kuwu Grobogan ini. Juga di Indonesia, bahkan di dunia. Sehingga menjadi pesona wisata alam yang sangat menarik.

Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Ada satu fenomena letupan dari dalam bumi menjadi salah satu destinasi wisata Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Letupan itu terdapat di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.

"Letupan itu dikenal sebagai tempat tujuan wisata Bledug Kuwu," ungkap Sutriani, penduduk Grobogan.

Sutriani mengatakan, Bledug Kuwu berada sekitar 25 kilometer kearah timur kota Purwodadi. "Jalanan menuju arah Blora. Sekarang ini sudah aspal mulus," ujarnya.

Bledug Kuwu adalah letupan dari dalam bumi, berupa lumpur. Karena suaranya yang meletup secara periodik terdengar Bledug seperti suara meriam dari gelembung lumpur bersamaan keluarnya asap, gas dan air garam maka masyarakat sekitar menamai Bledug. Karena berada di Desa Kuwu, maka orang menamakan Bledug Kuwu.

"Pesona alam seperti Bledug, mungkin hanya di Kuwu Grobogan ini. Juga di Indonesia, bahkan di dunia. Sehingga menjadi pesona wisata alam Grobogan," ujar Sutriani.

"Barangkali keajaiban alam ini di Indonesia, bahkan dunia, hanya terjadi di Kuwu ini," ungkap Bachtiar.

Tidak hanya itu keajaiban Bledug Kuwu karena letupan dari dalam bumi, tetapi, menurut mbak Eni, penduduk Desa Kuwu, dari lumpur yang dihasil oleh letupan, lumpur itu biasa dipakai untuk komestik kecantikan. Dipakai sebagai penghalus kulit. Sedang air yang berasa asin diolah oleh sejumlah penduduk menjadi garam dapur.

Menurut mbak Eni, garam dapur maupun lumpur banyak dijual di kawasan wisata Bledug Kuwu. Rata-rata dijual Rp 5.000 per botol air mineral.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR