Kamis, 26 November 2020
Wisata & Sejarah
Pulau Okunoshima

Mayoritas 'Penduduknya' Kelinci yang Ramah dan Bersahabat

Minggu, 20 September 2020
Ist.
KELINCI, Binatang lucu dan menggemaskan itu jinak, bisa berinteraksi dengan penduduk setempat, sehingga mereka menjadi bagian dari pulau yang terletak di Okunoshihima.*

KISUTA.com - Di Jepang ada sebuah pulau kecil yang dihuni oleh puluhan bahkan ratusan ribu kelinci. Binatang lucu dan menggemaskan itu jinak, bisa berinteraksi dengan penduduk setempat, sehingga mereka menjadi bagian dari pulau yang terletak di Okunoshima. Karena keberadaan kelinci-kelinci lucu itu, pulau yang berada di Laut Pedalaman Jepang, Prefektur Hiroshima ini mendapat julukan “Rabbit Island” atau “Pulau Kelinci”.

Dilansir oleh Whenonearth.net, sejarah keberadaan kelinci-kelinci lucu itu terkait dengan dijadikannya Okunoshima sebagai lokasi misi rahasia militer Angkatan Darat (AD) Jepang pada awal abad ke-20 . Di tempat ini diproduksi gas beracun sekaligus dilakukan percobaan operasi gas mematikan dengan lebih dari 6.000 ton dari sekitar 5 jenis gas beracun yang diproduksi. Lokasi tersebut sangat rahasia hingga Pulau Okunoshima dihilangkan dari peta dan pekerjanya disumpah untuk tidak membocorkan letak dan fungsinya.

Nah, kelinci-kelinci itu sengaja didatangkan ke pulau kecil itu sebagai “kelinci percobaan” untuk gas beracun yang diproduksi di sana. Setelah pabrik-pabrik ditutup dan perang usai, kelinci-kelinci yang lolos dari percobaan gas beracun itu tetap hidup dan berkembang biak.

Mereka berkembang hingga jumlah yang luar biasa banyaknya hingga saat ini. Mereka menjadi bagian dari penduduk yang menempati pulau berukuran 700.000 meter persegi itu. Karena keberadaan kelinci-kelinci itu, saat ini Pulau Okunoshima banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat hewan lucu tersebut berlari bebas ke sana ke mari tanpa ada gangguan predator.

Dewan Pariwisata Jepang melarang jenis hewan seperti anjing, kucing dan berbagai hewan yang dapat mengancam populasi kelinci masuk ke pulau tersebut. Itu juga yang menyebabkan kelinci-kelinci yang ada begitu jinak dan tak kenal takut pada pengunjung.

Pengunjung yang ingin memberi makan kelinci bisa memperoleh beraneka sayur dari sebuah resort yang dibangun di pulau kecil itu. Sangat menarik.* ati - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR