Jumat, 27 November 2020
Wisata & Sejarah

Saturnus, Planet yang Awet Muda

Selasa, 2 Mei 2017

KISUTA.com - Di antara planet-planet yang ada dalam tata surya, Saturnus merupakan planet yang paling awet muda. Meskipun umurnya 4,5 miliar tahun, hampir sama dengan tata surya, namun planet yang satu ini masih “bersinar”. Padahal biasanya, semakin berumur maka planet akan terlihat semakin gelap.


Saturnus adalah planet kedua terbesar di tata surya. Planet ini merupakan planet gas raksasa yang tersusun atas hidrogen dan helium. Selain struktur cincin, keunikan dari Saturnus adalah fenomena badai di bagian kutubnya.

Planet Saturnus yang awet muda ini, telah menarik perhatian para ilmuwan. Peneliti dari Universitas Exeter dan Ecole Normale Superieure de Lyon baru-baru ini menemukan rahasia mengapa Saturnus tetap “hot”. Planet bercincin itu memiliki ketidakstabilan secara fisika di bagian dalamnya sehingga mencegah pelepasan panas.


"Ilmuwan sempat berpikir bahwa Saturnus punya sumber energi tambahan untuk tampak terang, tetapi ternyata Saturnus tampak muda karena tak bisa mendingin," kata Giles Charbier dari Departemen Fisika dan Astronomi, Universitas Exeter seperti dilansir Phys.org, akhir April 2013.


Menurut Chabrier, panas di Saturnus disebarkan lewat difusi dari lapisan per lapisan gas. Proses ini memastikan panas tetap bertahan di dalam, tidak dilepaskan lewat radiasi. Ilmuwan mengatakan, penemuan ini menunjukkan bahwa struktur internal, komposisi, dan evolusi suhu di planet gas raksasa di tata surya dan sistem keplanetan lainnya mungkin jauh lebih kompleks dari yang diduga saat ini.* Ati - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR