Senin, 18 Januari 2021
Wisata & Sejarah
Wana Wisata Kedungombo

Suguhan Keindahan Wisata Hutan Pinggiran Waduk

Sabtu, 4 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com – Waduk Kedungombo terdapat sejumlah tempat wisata, salah satunya berada di pinggir kawasan hutan Jati. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Wana Wisata Kedungombo. Tepatnya di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali.

"Sejak jalanan antara Bendungan Kedungombo hingga Kecamatan Juwangi Boyolali diperbaiki atas perintah Presiden Jokowi, jalan tersebut menjadi ramai dan dinamika ekonomi menjadi bergerak," ungkap Darsono, penduduk desa Nampu.

Bahkan sejak itu, tempat wisata Wana Wisata Kedungombo yang sempat tidak terurus, kini sekitar setahun lebih, menurut Nuriyadi, mulai berbenah. Berbenah salah satunya dengan memanfaatkan dana desa. "Pengelolaannya memang kini oleh para pemuda Wonoharjo.

Namun, menurut Nuriyadi, sejak tanggal 1 Januari 2019 lahan miliki Perhutani KPH Telawa dikontrak oleh Desa Wonoharjo - Boyolali, kemudian dikelola oleh Desa Wonoharjo dan dibeayai oleh BUMDES Wonoharjo."Kini area hutan Telawa seluas 5 hektar di pinggir Waduk Kedungombo dikelola oleh desa Wonoharjo sebagai kawasan wisata, dengan pelaksananya oleh para pemuda setempat, sehingga hasil pemasukannya masuk ke desa Wonoharjo," ujarnya.

Wana wisata Kedungombo kini dikembangkan untuk menarik wisatawan untuk datang. Kini mulai memiliki sejumlah wahana wisata seperti speedboot, warung apung, lokasi foto Selvi, renang untuk anak, permainan ATV, motor trail, kereta kelinci dan sebagainya. Bahkan tersedia warung makan bermenu ikan hasil waduk.

Untuk masuk ke kawasan wisata Wana Wisata Kedungombo tidaklah mahal. Tiket per orang, kata Nuriyadi, hanya Rp10.000 per orang pada hari Sabtu dan Minggu serta hari libur. Sedang hari biasa, hanya Rp6.000 per orang. "Bahkan bila ingin menuju tempat makam Kyai Serang yang ada di tengah Waduk Kedungombo, bisa menyewa speedboot sekitar Rp200.000," ungkapnya.

Bila kita berperahu menuju makam Kyai Serang, menurut Darsono, banyak pemandangan menarik. Tidak hanya menikmati pemandangan kesibukan nelayan sedang memberi makan ikan di karamba yang banyak bertebaran di Waduk Kedungombo, pemandangan bertambah menarik ketika sejumlah burung Bangau yang beterbangan, sekali kali turun ke air waduk memangsa ikan yang ada di waduk.* eko prasetyo - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR