Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

Ajak Generasi Muda Terjun Langsung di Sektor Pertanian, Mahasiswa UNS Raih Juara 2 Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat

Selasa, 10 Agustus 2021
Humas UNS

KISUTA.com – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali ukir prestasi membanggakan. Kali ini prestasi tersebut dicatatkan oleh tim yang terdiri mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Pertanian (FP). Tim terdiri dari tiga orang yaitu Yokanang Chandra Arfiansyah dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) UNS, Dena Olivia Christy dari Prodi Ilmu Tanah UNS, dan Lingga Harzaldi Sukarno dari Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) FP UNS.

Mereka memenangkan juara 2 Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat Tingkat Nasional pada Ajang Agrixplosion 2021. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (HM Pelita) FP UNS.

Ajang Agrixplosion 2021 yang acara puncaknya dilaksanakan melalui Zoom Meeting pada Minggu (7/8/2021) ini, terdapat tiga kategori perlombaan tingkat nasional, yaitu lomba esai, video iklan layanan masyarakat, dan siniar. Adapun, tema yang diangkat dalam lomba tersebut adalah “Young Generation as a Key Leader of Indonesia’s Agricultural Future Fate”. Perlombaan dilaksanakan secara daring mulai dari proses pendaftaran hingga pengumuman lomba.

Dalam video layanan masyarakat tersebut, Yokanang sebagai ketua bersama dengan tim memberikan materi mengenai ajakan pemberdayaan pada sektor pertanian kepada para generasi milenial. Ini merupakan ajakan untuk terjun langsung ke sektor pertanian di Indonesia.

Dalam video tersebut, mereka menekankan bahwa petani Indonesia memegang peran penting untuk ketahanan pangan negeri. Sektor pertanian di era pandemi mampu membuktikan perannya dalam menjalankan roda perekonomian. Sangat disayangkan apabila generasi muda tidak mau terjun langsung di sektor pertanian.

Inovasi dan kreativitas banyak terlahir dari para petani generasi muda. Penerapan budidaya organik, teknologi hidroponik, hingga pengembangan digital marketing menjadi bentuk langkah inovatif dalam sektor pertanian.

Yokanang dan tim berharap agar video tersebut dapat memotivasi generasi milenial untuk ikut membangun pertanian di Indonesia.

“Semoga dengan video tersebut, generasi muda dapat tergugah untuk membangun sektor pertanian di Indonesia menjadi digdaya,” terang Yokanang.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR