Rabu, 20 Januari 2021
Sosok Inspirasi
Achmadi, Dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

"Bahaum" Mengantarnya Meraih Gelar Doktor UMS

Kamis, 8 Oktober 2020
Humas UMS

KISUTA.com - Mekanisme bahaum (dialog) mengantar Achmadi, dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya meraih gelar doktor di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Rabu (7/10/2020).Di depan dewan penguji yang dipimpin Prof. Dr. Sofyan Anief, Achmadi berhak menyandang gelar doktor.

"Disertasi yang saya pertahankan berjudul Budaya Hukum Penyelesaian Konflik Hak Atas Tanah Adat: Studi Dalam Masyarakat Dayak Tomun Berbasis Kearifan Lokal di Kalimantan Tengah," ungkap Achmadi dengan promotor Prof. Dr. Khudzaifah Dimyati, SH, M.Hum dan ko-promotor Prof. Dr. Absori, SH, M.Hum.

Lebih lanjut Achmadi mengemukakan, budaya hukum penyelesaian konflik hak atas tanah adat masyarakat Dayak Tomun berlandaskan nilai etika dan moral. Mekanisme penyelesaian konflik hak atas tanah adat yang dilakukan masyarakat Dayak Tomun bersifat alternatif non pengadilan melalui lembaga musyawarah adat yang dilakukan oleh damang adat (kepala adat) sebagai mediator dengan perundingan adat.

Penyelesaian konflik, menurut Achmadi, meliputi cara-cara, seperti melalui mekanisme bahaum yaitu berkomunikasi mengandung nilai yang begitu kental, yakni seperangkat prosedur yang di dalamnya suatu perasaan akan mempengaruhi perasaan yang lainnya.

"Konsep dialog berdasarkan nilai etika yang dijunjung tinggi, bersifat normatif, kritis, terbuka, proaktif dan harus mengutamakan kepentingan bersama," jelas Achmadi.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR