Kamis, 25 Februari 2021
Sosok Inspirasi

Bank Indonesia Danai 7 Kegiatan Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Unisri

Rabu, 6 Januari 2021
Humas Unisri

KISUTA.com - Sebanyak tujuh (7) kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan para mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta didanai oleh Bank Indonesia (BI) Solo.

"Ketujuh kegiatan pengabdian masyarakat itu dipresentasikan oleh para mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia dalam seminar hasil pengabdian masyarakat," ungkap ketua pelaksana seminar, Yanni Asrie W, STP, MGizi, di Gedung A, ruang sidang lantai 3 kampus setempat, Solo, Kamis pekan lalu.

Dalam waktu bersamaan juga, menurut Yanni, dipresentasikan enam kegiatan pengabdian masyarakat yang didannai universitas, sehingga seluruhnya ada 13 proposal kegiatan yang dipresentasikan. "Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang sudah dilaksanakan dan hasilnya dipresentasikan oleh seluruh tim, adalah yang sudah melalui proses seleksi," kata ungkapnya.

Acara seminar dibuka wakil rektor bidang kemahasiswaan alumni dan kerjasama, Dr Sutoyo, MPd. Dalam pembukaan Ia mengatakan, seminar diikuti 13 tim yang didanai universitas dan biaya dari luar universitas atau mandiri.

Menurut dia, seminar hasil pengabdian masyarakat mahasiswa ini dilakukan untuk memenuhi serangkaian kegiatan. Kegiatan itu diawali dengan seleksi proposal kemudian sosialisasi penyusunan proposal, pendampingan. Dan dari hasil seleksi ditetapkan 6 proposal yang didanai oleh universitas dan 7 proposal dari kelompok yang mendapatkan beasiswa Bank Indonesi sengan biaya mandiri.

Ada pun proses pengabdian itu sama dengan prosedur yang diberikan PKM dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dimana hasil dari laporan nantinya akan dilihat, apakah luarannya sudah sesuai atau belum.

"Seminar hasil pengabdian masyarakat yang dilakukan para mahasiswa ini adalah tahun pertama diselenggarakan. Semoga prosesnya akan semakin baik dan pengabdian masyarakat ini bisa memberi manfaat bagi masyarakat, mahasiswa, dan lembaga. Kedepan akan kita tingkatkan penyelenggaraanya dan anggarannya," pungkasnya.

Sementara itu ketua Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi, Drs Sularno berharap, berjalannya kegiatan pengabdian masyarakat bagi mahasiswa tersebut nantinya dapat memberi dampak yang bermanfaat dan berguna bagi masyarakat sekitar. Seperti memberikan ide-ide, menyelesaikan masalah yang ada.

Sehingga dengan demikian siklus penelitian menghasilkan pengabdian dan menjadi sebuah harmoni di masyarakat dan perguruan tinggi bisa menjadi contoh bagi mahasiswa, masyarakat sekitar pada umumnya. "Kami berharap keterlibatan para dosen dengan masyarakat menjadi kesempatan untuk belajar dari masyarakat," kata Sularno.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR