Rabu, 23 September 2020
Sosok Inspirasi

Disdik Jabar Berkomitmen Fasilitasi Kebutuhan Pokja Bunda PAUD

Kamis, 23 Juli 2020
disdik.jabarprov.go.id
BUNDA PAUD Jabar, Atalia Praratya pada Pengukuhan 27 Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Jabar Tahun 2020 di Aula Dewi Sartika Kantor Disdik Jabar, Jalan Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Rabu (22/7/2020).*

KISUTA.com – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya, menegaskan, tim Pokja Bunda PAUD harus mampu meningkatkan harkat, mutu, dan akses layanan pendidikan anak usia dini dengan integratif.

"Berdasarkan surat keputusan, Pokja Bunda PAUD mengemban empat tugas utama. Tugas-tugas tersebut dijalankan demi layanan PAUD dengan integratif," kata Atalia di sela-sela melakukan pengukuhan 27 Pengurus Kelompok Kerja (Pokja) Bunda PAUD Jabar Tahun 2020 di Aula Dewi Sartika Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar, Jalan Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Rabu (22/7/2020).

Tugas-tugas tersebut, kata Atalia, pertama, bertugas membantu menyusun program kerja Bunda PAUD dalam mewujudkan pelayanan PAUD yang berkualitas. Ke dua, melakukan kerja sama secara berkala dan berkesinambungan dengan berbagai lembaga serta organisasi untuk mewujudkan PAUD berkualitas. Ke tiga, memonitoring dan mengevaluasi pencapaian pelaksanaan program PAUD di Jabar. Terakhir, melakukan analisis, pengendalian, dan pelaporan program Bunda PAUD Jabar.

Sementara itu dikatakan Kadisdik Jabar, Dedi Supandi, dengan dibentuknya Pokja Bunda PAUD dan kapasitas mumpuni yang dimiliki Bunda PAUD Jabar, akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Dikatakan Dedi, Disdik Jabar berkomitmen memfasilitasi kebutuhan Pokja Bunda PAUD Jabar. Hal ini dibuktikan dengan disediakannya Sekretariat Pokja Bunda PAUD Jabar oleh Disdik Jabar.

"Kita semua memiliki tujuan yang sama, yakni meletakkan dasar pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak sejak dini, karena mereka adalah cikal bakal pemimpin bangsa di masa depan," katanya.

Sekretaris Disdik Jabar, Wahyu Mijaya, yang didaulat sebagai Ketua Tim Pokja Bunda PAUD Jabar, menyatakan pihaknya akan bergegas menyusun rencana kerja ke depan.

"Setelah ini, kita akan adakan pertemuan untuk menentukan rencana kerja," tegasnya.

Ia menjelaskan, meski kewenangan PAUD ada di kabupaten/kota, namun Pokja Bunda PAUD lebih mengutamakan fungsi koordinasi serta monitoring evaluasi untuk mendukung dan menjadikan putra/putri Jabar lebih baik melalui PAUD. "Karena, ini tanggung jawab bersama, baik pemerintah di kabupaten/kota, provinsi bahkan pusat. Level-level ini harus terus bekerja sama," jelasnya. * harie – kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR