Selasa, 20 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

Dosen FKOR UNS Sampaikan Peluang Bisnis Olahraga di Masa Pandemi

Kamis, 27 Agustus 2020

KISUTA.com - Dosen Fakultas Keolahragaan (FKOR) Universitas sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Deddy Whinata Kardiyanto, S.Or., M.Pd menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional "Kontribusi Ilmu Keolahragaan dan Kefarmasian Melalui Kewirausahaan Menuju Sumber Daya Manusia Unggul di Era New Normal" pada Kamis (26/8/2020). Agenda ini diselenggarakan oleh Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Madiun secara daring.

"Jangan takut untuk memulai langkah, karena langkah hari ini atau langkah awal adalah penentu seribu langkah selanjutnya," ujar Dr. Deddy di hadapan para peserta seminar.

Terdapat beberapa peluang yang bisa dilakukan untuk tetap produktif di masa pandemi Covid-19. Beralihnya pelaksanaan acara dari offline ke online menjadi tantangan tersendiri tidak hanya bagi atlet tetapi juga masyarakat. Sejak pademi, banyak event olahraga terhenti. Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Perhelatan olahraga internasional pun turut diundur. Hal ini memiliki dampak tidak saja pada aktivitas atlet tetapi sosial ekonomi masyarakat.

Deddy menambahkan, fasilitas publik yang biasa digunakan untuk olahraga seperti tempat kebugaran,kolam renang, stadion dan sebagainya ditutup untuk mencegah penularan virus. Ruang gerak masyarakat semakin terbatas untuk berolahraga. Dampak lain yang terjadi adalah roda perekonomian masyarakat juga terhambat. Fasilitas umum olahraga yang biasanya ramai dan menjadi ladang bagi sebagian masyarakat untuk mendapatkan penghasilan kini menjadi sepi. Selain itu kompetisi olahraga yang bisa mengumpulkan massa juga harus ditunda.

"Kesempatan ini seharusnya bisa dilihat sebagai peluang untuk memunculkan inovasi seperti kompetisi game, aktivitas olahraga dan kesehatan berbasis online, workshop menambah skill di bidang spesifik, tutorial video dan sport virtual. Salah satu bukti nyata yang telah dilakukan oleh FKOR UNS pada beberapa waktu yang lalu yaitu merayakan Dies Natalis ke-2 dengan mengadakan Virtual Running," imbuh Dr. Deddy.

Deddy menyebutkan jika konsep sport event online bukanlah hal yang baru. Dalam beberapa waktu terakhir kegiatan olahraga berbasis online telah dilakukan. Tetapi penyerapan dan penerapan kegiatan ini masih terbilang lambat, karena masyarakat sendiri belum terbiasa. Adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat dan industri mau tidak mau mengarah pada penyelenggaraan secara online.

"Dengan adanya pandemi ini industri event di Indonesia seperti mengambil satu langkah besar untuk mempercepat perkembanganya untuk mengaplikasikannya ke dalam event online," tutur Deddy.

Menurut Dosen FKOR sekaligus Deputi Humas UNS ini, pandemi bukan jadi masalah bagi masyarakat untuk tetap produktif. Apalagi bagi akademisi harus bisa memunculkan inovasi dan solusi disituasi saat ini. Beberapa peluang bisnis olahraga yang berpotensi untuk dikembangkan menurut Deddy adalah menjadi konsultan olahraga, membuat aplikasi olahraga, bisnis souvenir olahraga dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir pembicara lain yang menyampaikan materi terkait bidang olahraga dan farmasi yaitu Apt. Arkodian Detasima, S.Fam sebagai Owner Apotek Metro, Apotek Pijar dan Apotek Mitra, Titin Kuntum Mandalawati, S.Pd., M.Or sebagai Kaprodi Ilmu Keolahragaan Universitas PGRI Madiun dan Apt. Weka Sidha Bhagwan, M.Farm sebagai Sekretaris Prodi Farmasi Universitas PGRI Madiun yang juga Owner Apotek Gesang dan Apotek Seroja.* eko prasetyo - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR