Kamis, 2 Juli 2020
Sosok Inspirasi
Syaiful Choiri

Dosen FMIPA UNS Ini Raih Juara 3 Nasional Lomba Pembuatan Video Pembelajaran

Rabu, 24 Juni 2020
IST.

KISUTA.com - Dosen Program Studi (Prodi) Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Syaiful Choiri, S. Farm., M.Pharm.Sci., Apt. berhasil meraih Juara 3 Nasional pada lomba pembuatan video pembelajaran untuk perkuliahan dan praktikum. Lomba yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) dilaksanakan pada bulan Mei – Juni ini diikuti oleh 40 peserta dari berbagai perguruan tinggi farmasi yang ada di Indonesia.

Syaiful mengatakan, lomba pembuatan video yang diselenggarakan oleh APTFI ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu Clinical Science, Social Behaviour and Administration, dan Pharmaceutical Sciences. Penilaian dilakukan terhadap konteks dan konten dari video pembelajaran yang diikuti oleh peserta.

Syaiful membuat video pembelajaran dengan tema Dissolution Testing. "Video ini merupakan video pembelajaran perkuliahan biofarmasetika pada kajian topik Uji Disolusi Terbanding (UDT). UDT ini merupakan bagian dari uji ekuivalensi secara in vitro sebelum suatu produk farmasi dipasarkan dan dipersyaratkan sebelum dilakukan uji ekuivalensi in vivo. Kajian disolusi in vitro ini sangat dibutuhkan untuk registrasi produk oleh industri farmasi ke Badan POM terutama obat-obat yang masuk dalam daftar wajib uji Bioekuivalensi," terang Syaiful, Rabu (24/6/2020).

Dengan video ini, Syaiful berharap, mahasiswa lebih mudah memahami dan bisa dilanjutkan pada sesi diskusi daring secara live untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terkait setiap materi. Video pembelajaran memberikan kesempatan kepada mahasiswa dan lebih memudahkan mahasiswa yang terkendala sinyal ketika pembelajaran metode daring diera pandemi ini. Model asinkron dengan video pembelajaran yang ditautkan pada media sosial seperti Youtube diharapkan menjadi solusi alternatif ketika mahasiswa terkendala sinyal atau keterbatasan bandwidth dan kuota.

"Melalui video pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan dapat memahami prinsip pengujian disolusi terbanding baik secara teoritis dan praktis," imbuhnya.

Syaiful menambahkan, proses pembuatan video pembelajaran bagi seorang pendidik memang membutuhkan waktu dan energi yang lebih, akan tetapi dengan video pembelajaran tersebut dapat meningkatkan pembelajaran daring secara lebih maksimal. Pembuatan video pembelajaran dapat dilakukan secara individu oleh dosen dengan bermodal MS Power Point ataupun Keynote, sehingga tidak sulit dan relatif mudah. Support yang lebih dan terintegrasi dapat diberikan agar video lebih menarik, sehingga paradigma pembelajaran model daring yang membosankan dapat bergeser menjadi pembelajaran yang menyenangkan.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR