Sabtu, 21 Mei 2022
Sosok Inspirasi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Adakan Seminar Motivasi Prestasi di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta

Senin, 28 Maret 2022
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Bertempat di Aula SMP Muhammadiyah 1 Surakarta pada hari Senin, 28 Maret 2022, pukul 09 WIB. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret melakukan pengabdian dengan mengadakan seminar bertema “Motivasi Berprestasi Anak Didik di Era Disrupsi Teknologi.”

Seminar ini hanya diikuti 50 siswa siswi pilihan yang telah mendapatkan prestasi dari berbagai macam bidang yang mereka minati. Seminar diawali dengan basmalah, dan dilanjutkan dengan pelafalan Ayat Suci Al Quran oleh Razief kelas 8PK1. Pada sambutan oleh Wakil Dekan Bidang 3 Memberikan pengetahuan tentang revolusi industri Dr. Mugi Harsono, S.E, M.Si., yang menyampaikan tujuan dari seminar hari ini, yakni, memberikan pengetaghuan tentang Revolusi Industri 4.0 dan era Society 5.0 dengan disrupsi teknologi didalamnya, sehingga siswa-siswi sejak di bangku persekolahan dap-at mempersiapkan generasi mendatang  yang siap akan perubahan yang cepat.

Memasuki inti acara pemateri pertama  disampaikan oleh Dr. Ahmad Ikhwan Setiawan, S.E, M.T. dengan judul “ Membqangun ekosistim Sekolah Menengah Yang Mendukung Prestasi Anak Didik di Era Disrupsi Tehnologi.”Beliau menyampaikan , “Generasi milenial sangat erat kaitannya dengan revolusi industri 4,0 dan society 5,0 di mana revolusi menciptakan pola-pola desentralisasi dan otomatisasi semua aspek kehidupan manusia.” Maka banyak pihak yang menyadari akan adanya perubahan tersebut terutama pada bidang pendidikan di mana pendidikan memiliki tiga peran utama yakni agen konservatif,agen inovatif dan agen perubahan. Para siswa dengan dioberikan pendidjikan, harpannya mampu memiliki karakter-karakter positif seperti percaya diri, fokus, berani untuk semakin meningkatkan prestasinya.

Pembicara kedua disampaiikan oleh M. David R. Wijaya, Direktur Eksekutif dari Kadin ( Kamar Dagang dan Industri Kota Surakarta) yang menyampaikan materi berjudul “ Tips menjadi siswa berprestasi di era disrupsi  teknologi,."  Pada penyampaiannya  Indonesia masih banyak membutuhkan  wirausaha baru, karean di negara maju enterpreneur diatas 14%. Selain itu para siswa juga disarankan pada era disruosi teknologi  ini, harus dapat  memiliki karakter  dapat beradaptasi dengan cepat, mampu mengenali  diri sendiri, contohnya harus dapat memahami  bagaimana memahami dan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri. Kemudian karakter  membangun spirit semangat positif untuk menjadi pendorok untuk segera melakukan tindakan. Ketika faham akan sebuah ilmu hendaknya juga mempraktekkannya, karena perlu diasah. 

Pada sesi tanya jawab siswa tampak antusias bertanya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan era disrupsi teknologi. Pada akhir pemaparan, masing-masing pembicara menyampaikan kesimpulan sekaligus pesan kepada para siswa-siswi SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.  Diantaranya, sikap yang perlu mereka bangun untuk menghadapi era saat ini untuk mempersiapkan masa depan mereka, dan memiliki karakter positif dalam menghadapi perkembangan zaman yang ada. Salah satu Siswa, yaitu Muhammad Razief Aryan kelas 8PK1 menyatakan kesan atas acara tersebut, “ Sangat puas bisa menjadi bagian acara tersebut , karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan, serta meningkatkan  motivasi untuk dapat menggali potensi yang kita miliki," ungkapnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR