Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

Fakultas Pertanian UNS Berdayakan Peternak Kambing Perah di Gemolong

Senin, 15 November 2021
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Para peneliti Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) memberdayakan peternak kambing perah dengan sistem klaster di wilayah Gemolong, Sragen.

Peneliti itu terdiri dari tim pelaksana Dr. Ir. Joko Riyanto M.P (Ketua), Prof. Dr.sc.agr. Adi Ratriyanto, S.Pt, MP, Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S, Prof.Dr. Eng.Syamsul Hadi, S.T, M.T, Gusti Fauza,ST, M.T ,Ph.D, Catur Sugiarto,SE, MSM, PhD, Heru Sukanto, ST, MT dan Ari Prasetyo, ST, MT.

Dalam wilayah Gemolong, menurut Dr.Joko Riyanto, dibentuk integrasi peternak-peternak kambing perah dari hulu hilir. "Kambing yang dipelihara dari bangsa Sapera (kambing perah peranakan Saanen Ettawa)," ungkapnya, di Kampus UNS, Solo, Senin (15/11).

Joko mengungkapkan ada usaha peternakan penghasil susu segar, anakan kambing, susu bubuk,susu olahan (yogurt dan karamel), pupuk organik dan media tanam serta dilengkapi dengan eduwisata taman pintar kuda. "Klaster ini terdiri dari Mitra Karya Farm, Almahyra Farm, Kelompok Tani Ternak Jaya dan CV Berkah Alam," ungkap Joko yang juga Ketua Prodi Peternakan Fakultas Pertanian UNS.

Lebih lanjut Joko mengatakan, kegiatan pemberdayaan peternakan kambing perah merupakan Program Matching Fund atau Kedai Reka dari Kemenristekbud melalui UNS yang mana berupaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas susu segar, peningkatan kualitas susu bubuk, pengembangan produk olahan susu dan pemberdayaan peternakan di kelompok ternak.

Selama kegiatan, menurut Joko, melibatkan mahasiswa dan dosen baik pelatihan, workshop, penyuluhan, penelitian dan pengabdian dalam rangka memenuhi IKU melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR