Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

FMIPA UNS Bahas Peluang dan Tantangan Teknologi Kedirgantaraan dengan AAU

Minggu, 1 Agustus 2021
Humas UNS
Dr. Hendri Himawan T, S.T., M.Eng.

KISUTA.com - Melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Sharing Session bersama Mayor Lek Dr. Hendri Himawan T, S.T., M.Eng., dari Akademi Angkatan Udara (AAU) Yogyakarta.

Kegiatan yang berlangsung pada Jumat (30/7/2021) tersebut merupakan salah satu bentuk tidak lanjut dari adanya kerja sama FMIPA UNS dengan AAU. Para peserta diskusi ialah mahasiswa FMIPA dari berbagai prodi yang memiliki ketertarikan terhadap teknologi kedirgantaraan, robotik, dan elektronika.

Pada kesempatan ini, Dr. Hendri menyampaikan bahwa masih banyak peluang dalam pengembangan teknologi militer di Indonesia, di antaranya Network Centric Warfare, Cloud Computing, Robotic, Cyber Security, Satelit GPS, Jaring Komunikasi, dan lain-lain. Hal itu membuka kesempatan bagi para mahasiswa untuk berkarier di militer juga kedirgantaraan.

Dr. Hendri pun mengatakan, UNS sebagai salah satu universitas unggulan dan AAU sangat bisa berkolaborasi untuk menjawab tantangan dalam pengembangan teknologi kedirgantaraan dan militer di Indonesia.

"Karena masing-masing kita mempunyai tujuan yang sama, yaitu bagaimana selaras dan sekalian untuk memajukan bangsa Indonesia. Harapannya UNS dan AAU bisa berkolaborasi dengan lebih erat," ujarnya.

Di sisi lain, Dr. Hendri menjelaskan bahwa pengembangan Alustita (Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia) bukan hanya untuk tujuan perang. Melainkan juga untuk alat diplomasi dan sebagai pendukung dalam penanganan bencana serta terorisme.

Sementara itu, Drs. Harjana, M.Si., M.Sc., Ph.D selaku Dekan FMIPA UNS mengucapkan terima kasih kepada Dr. Hendri yang telah bersedia meluangkan waktu dan memberikan materi di diskusi hari itu.

"Terima kasih saya ucapkan kepada Dr. Hendri Himawan yang bersedia meluangkan waktu untuk memberikan materi tentang peluang serta tantangan kedirgantaraan di Indonesia," ucapnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR