Kamis, 25 Februari 2021
Sosok Inspirasi

HMP Biosfer FKIP UNS Adakan Biochamp

Selasa, 5 Januari 2021
BIOCHAMP 2020 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.*

KISUTA.com - Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan kegiatan bertajuk Biochamp 2020. Kegiatan ini bertujuan mengakrabkan seluruh angkatan di Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS.

HMP Pendidikan Biologi atau Biosfer mengemas kegiatan ini dalam bentuk perlombaan yang berlangsung sejak 19 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021. Ketua kegiatan, Samuel Prakoso mengungkapkan bahwa Biochamp kali ini mengusung tema Be Creative, Stay Productive.

“Meskipun sedang di tengah pandemi, tetapi jalinan silaturahmi antarangkatan harus tetap dijaga. Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan antarangkatan dengan mengadakan berbagai perlombaan non akademik. Biasanya, Biochamp dikemas dengan perlombaan olahraga dan seni, tapi karena ada pandemi kami mengemasnya secara virtual,” terangnya.

HMP Biosfer mengusung lima kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa dari seluruh angkatan secara daring. Perlombaan tersebut antara lain kompetisi video tiktok, cover lagu, lomba video kreatif, turnamen among us, dan juga pentas seni. Setiap kompetisi juga memiliki subtema yang berbeda, pada kompetisi video kreatif, tema yang diangkat yakni Take Action During Pandemic.

“Setiap lomba ada ketentuannya masing-masing, contoh lomba cover lagu ketentuannya harus membawakan lagu nasional dan  satu buah lagu dengan tema bebas. Lalu, pada video kreatif seluruh peserta harus membuat video yang menceritakan kegiatan bermanfaat apa saja yang telah dilakukan selama pandemi. Kalau yang video tiktok, peserta wajib membuat video yang menampilkan outfit kuliah di Pendidikan Biologi,” jelas Samuel.

Seluruh perlombaan menjadi sarana bagi Prodi Pendidikan Biologi untuk saling merekatkan tali persaudaraan sekaligus menjadi sarana bagi mahasiswa Pendidikan Biologi untuk unjuk bakat. Pada hari terakhir dilakukan pengumuman pemenang sekaligus pemberian bukti kejuaraan serta uang pembinaan sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh pemenang. Turut hadir pula Kepala Prodi Pendidikan Biologi, Dr. Muzazzinah dan pembina HMP Biosfer, Nurmiyanti, M.Si.

“Saya sangat bangga dan terharu melihat kreativitas mahasiswa Pendidikan Biologi dalam Biochamp ini,” ungkap Muzzazinah.

Samuel selaku ketua panitia berharap semoga setelah keadaan membaik, Biochamp dapat dilaksanakan secara luring lagi. “Semoga nanti bisa luring supaya kesan dan keseruan yang didapat lebih terasa,” pungkasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR