Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

HYDRA UV 3 in1 Penolak Nyamuk, Pelembab dan Anti UV temuan Mahasiswa UMS

Sabtu, 2 Oktober 2021

KISUTA.com - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menciptakan, "HYDRA UV 3 in1" yang merupakan produk dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-P) yang berfungsi sebagai produk penolak nyamuk, Pelindung UV dan sekaligus pelebab kulit.

Tim PKM-K yang beranggotakan Lavenya Yulita, Siska Yuniar, Anisa Nursyifa dan Aktif Cahyaning Tyas yang merupakan mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta bersama Dosen Pembimbing Mitoriana Porusia, S.KM., M.Sc membuat repelen non-kimiawi yang diberi nama HYDRA UV 3in1.

"HYDRA UV 3in1 Spray telah diuji melalui uji bioasssay menggunakan nyamuk Aedes spp dan Culex spp dan mencapai efektivitas 92% dan tahan hingga 6 jam," ungkap Ketua Tim PKM-K Lavenya Yulita HYDRA UV 3In1 di Kampus UMS, Solo, Sabtu (2/10/2021).

Selain itu bahan baku pembuatannya, menurut Yulita, telah memiliki Ceritifacate of Analysis sehingga terjamin keamanannya.

Ketua Tim PKM-K Lavenya Yulita HYDRA UV 3In1 diharap produk timnya dapat menjadi pencegah penyakit deman berdarah dan cikungunya yang disebabkan oleh nyamuk Aedes spp dengan kandungan zat yang tidak disukai nyamuk yakni sitronelol dan geraniol yang dihasilkan dari extra serai wangi.

"Dengan adanya produk Hydra UV 3in1 dapat menggurangi penyebaran penyakit Deman Berdarah dan Cikungunya," Ujar ketua PKM-K.

Produk ini juga megandung ekstrak Aloe Vera di mana ekstrak Alove Vera mengandung senyawa lignin dan asam amino selain itu senyawa lignin dalam lidah buaya memiliki kemampuan untuk menyerap dengan cepat ke dalam kulit sehingga dapat berfungsi sebagai media pembawa zat-zat nutrisi yang diperlukan kulit.

Dalam produk ini juga ditambahkan lavender essential oil yang dapat memberikan aroma ketenangan bagi penggunanya yang dijual dengan harga Rp 45.000 (100ml) berupa spray.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR