Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Intip Keseruan KKN UNS di Pasar Kliwon

Senin, 30 Agustus 2021
Humas UNS

KISUTA.com – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menerjunkan ribuan mahasiswanya untuk membantu masyarakat selama pandemi Covid-19 dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode Juli-Agustus.

Dan, dari ratusan kelompok KKN yang disebar UNS di 127 kabupaten/ kota di seluruh Indonesia, ada kisah menarik dari KKN UNS kelompok 374 di RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Surakarta.

Di lokasi tersebut mereka tidak hanya mengedukasi masyarakat soal bahaya Covid-19 atau memberdayakan ekonomi masyarakat saja, namun juga memberikan materi edukasi pengucapan bahasa Jawa.

Salah satu anggota KKN UNS kelompok 374, Agil, mengatakan ia bersama rekan-rekannya memberikan video “Dasar-dasar Pengucapan Bahasa Jawa” kepada masyarakat setempat. Video itu dikirim melalui grup WhatsApp pada Kamis (19/8/2021) lalu.

“Kami di sini beranggotakan 8 mahasiswa dari berbagai Program Studi (Prodi) di UNS Rekan saya ada Andreas dari Prodi S-1 Pendidikan Geografi, Dinda Prodi S-1 Akuntansi, Dikshe dari Prodi S-1 Kriya Seni, Eka dari Prodi S-1 Farmasi, Fani dari Prodi S-1 Fisika, Imam dari Prodi S-1 Pendidikan Teknik Mesin, dan Syifa dari Prodi S-1 Kimia. Dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or., Serta pengarah warga Bapak Joko Larsito selaku ketua RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu,” terang Agil.

Ia menyampaikan, kelompok KKN-nya juga menggelar pelatihan kepada masyarakat setempat sebagai pambiwaran dan MC acara formal. Untuk pelatihan ini, Agil sendiri yang bertindak sebagai penanggung jawab.

“Tahap kedua untuk pembekalan materi dasar dilaksanakan pada selasa (24/8/2021), dan tahap ketiga untuk latihan dan presentasi latihan dilaksanakan pada Jum'at tanggal 27 Agustus ini. Pelatihan pambiwara dan MC acara formal ini memiliki sasaran remaja dan muda-mudi Karang Taruna RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu,” jelas Agil.

Dalam keterangan resminya yang diterima Senin (30/8/2021), Agil mengatakan, ia bersama rekan-rekannya juga memberikan video digitalisasi UMKM kepada masyarakat setempat. Kegiatan ini ditangani langsung oleh rekan Agil, Dinda dari Prodi S-1 Akuntansi.

Video digitalisasi diunggah melalui YouTube yang kemudian tauntannya dibagikan melalui grup WhatsApp. Tujuannya, agar warga dapat melihat video yang telah diunggah kapan pun dan di mana pun.

“Penyebaran video digitalisasi UMKM dilakukan pada Jum'at tanggal 20 Agustus dilanjutkan dengan kegiatan pembuatan pot dan celengan bersama anak-anak pada keesokan harinya sebagai tahap kedua program kerja individu pemberdayaan melalui sektor kewirausahaan,” tambah Agil.

Selain dua kegiatan tersebut, KKN UNS kelompok 374 juga menggelar kegiatan mural tong sampah. Kegiatan ini diikuti oleh remaja dan anak-anak RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu dengan menaati protokol kesehatan.

“Tong sampah yang dimural berjumlah enam buah. Dengan penanggungjawab Dikshe dari Prodi S-1 Seni Kriya. Direncanakan kegiatan mural lingkungan sudah dilanjutkan di hari Senin tanggal 23 Agustus dengan agenda mural tembok yang akan dilaksanakan sampai Selasa tanggal 31 Agustus mendatang,” imbuhnya.

Dan, kegiatan terakhir dari KKN UNS kelompok 374 yang sudah diimplementasikan di wilayah tersebut adalah sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Agil menuturkan, sosialisasi ini telah dilaksanakan pada Minggu tanggal 22 Agustus dengan diikuti oleh 15 warga RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu.

“Terdapat tiga materi yang diangkat dalam sosialisasi PHBS, yaitu PHBS, pembuatan disinfektan, dan penanaman sayuran. Penyaji materi PHBS yaitu Andreas dari Prodi S-1 Pendidikan Geografi dan Eka dari Prodi S-1 Farmasi, penyaji materi pembuatan disinfektan yaitu Syifa dari Prodi S-1 Kimia, dan penyaji materi penanaman sayuran yaitu Fani dari Prodi S-1 Fisika. Sosialisasi diselenggarakan di Gedung Serba Guna RT 05/ RW 07 Kedung Lumbu,” pungkasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR