Kamis, 6 Agustus 2020
Sosok Inspirasi

Karya Basnendar H lewat 100 Desain Poster Dianugerahi MURI

Senin, 6 Juli 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Pemberian penghargaan Rekor MURI nomor 9531 secara virtual aplikasi Zoom dengan pimpinan Rekor MURI langsung, yaitu Jaya Suprana yang secara online di Jakarta kepada Basnendar H, selaku co founder Komunikotavisual, Senin (6/7/2020). Selebrasi secara offline di pelataran Republik Aeng-Aeng, Nusukan, Solo.

"Aksi kreatif ini dimulai pada 25 Maret 2020 - 3 Juli 2020, di mana desain poster akan diposting tiap satu hari satu poster di media sosial baik facebook dan instagram sebagai bentuk kepedulian melalui desain poster sebagai media informasi, edukasi, sekaligus pemantik spirit kebersamaan dalam mencegah dan melawan virus Corona," ungkap Basnendar.

Lebih lanjut Basnendar mengemukakan, melalui Komunikotavisual, sebuah lembaga independen yang ia dirikan sekitar bulan April 2018 ini bergerak di bidang edukasi kepada masyarakat melalui media desain komunikasi visual. Berawal bagian ide dari Project ke 30 (tiga puluh) Komunikotavisual, di mana aksi ini untuk ikut berbagi informasi dan mendukung pencegahan serta penanggulangan virus Covid-19 yang pada saat itu belum banyak terkena virus Corona melalui desain poster yang diunggah di medsos agar bisa dilihat oleh masyarakat.

Karya dari Basnendar H yang juga sebagai dosen Prodi Desain Komunikasi Visual, FSRD ISI Surakarta, ia merancang untuk satu hari dengan satu desain poster dengan dua format yang berbeda baik untuk poster standar maupun eposter untuk medsos yang sudah mencapai 100 desain poster yang secara visual dan konten berbeda antara satu dengan poster yang lainnya, dengan tema yang beragam dalam menyikapi dan memotret kondisi masyarakat dengan beragam dampak yang diakibatkan oleh virus ini.

Desain poster ini diperbolehkan untuk dibagikan dan dipublikasikan melalui beragam media oleh semua lapisan masyarakat, dimana respon masyarakat sangat antusias dengan menggunakan desain poster tersebut untuk membagikan lagi dan menerapkan di beragam media lainnya, seperti spanduk, baliho, desain tshirt, poster, obyek dalam artikel pada kumpulan buku yang mengulas wabah pandemi Corona di Indonesia, obyek penelitian ditinjau dari aspek linguistik, serta media lainnya.

"Diharapkan melalui Penyerahan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atas "100 Desain Poster Kampanye Kita Bersama Lawan Corona" ini dapat memberi spirit kebersamaan kepada masyarakat Indonesia dalam bergotong-royong dan bersatu menanggulangi wabah pandemi ini, sekaligus menyonsong tatanan baru," ungkap Basnendar.* eko prasetyo - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR