Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Mahasiswa Arsitektur UNS Boyong Dua Gelar Juara di UGM

Rabu, 9 Juni 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Prestasi di tingkat nasional kembali diraih oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta di ajang Wiswakharman Expo (WEX) Universitas Gadjah Mada 2021. Mahasiswa Program Studi (Prodi) Arsitektur Fakultas Teknik (FT) UNS berhasil memboyong dua gelar juara. Dari tiga tim yang lolos menjadi finalis 10 besar, dua diantaranya meraih predikat juara 1 dan juara 3.

Mereka yaitu Geri Amora Putra, Muhammad Hasby, dan Misbahuddin Abdulkarim, Tajmulka Siraj Mumtaz dari angkatan 2017 yang berhasil meraih Juara 1. Kemudian, juara 3 diraih oleh Panji Diwya Ugranindito, dan Alvis Prima Fernando dari angkatan 2017, sementara langkah Addarda Raffanurahil Aufa dari Angkatan 2016 harus terhenti sebagai finalis.

Pada kompetisi desain arsitektur ini, Geri Amora Putra dan timnya membuat desain G30SPKI Memorial Park: Manifestation of Sukitman’s Memories, The Survivor of G30SPKI yang diselesaikan dalam waktu sekitar satu bulan.

“Bangunan ini bertujuan untuk menyuarakan kembali pengalaman kelam Sukitman selama G30SPKI dengan menghadirkan pengalaman ruang yang dapat mengintervensi seseorang secara fisik maupun spiritual. Objek ini juga berusaha untuk menghubungkan kembali sebuah konteks masa lalu dengan masa sekarang, sehingga terbentuklah benang merah yang menghubungkan dengan masa depan. Sehingga proses perjuangan panjang nan melelahkan para pendahulu dapat selalu dikenang dan tidak akan pudar selamanya,” jelasnya saat diwawancarai pada Senin (7/6/2021).

Saat diumumkan melalui akun Instagram @wex_ugm pada 30 Mei lalu, Geri mengaku sangat senang ketika timnya mendapatkan juara 1.

“Saya sangat bahagia karena untuk pertama kalinya saya dan Mumtaz mendapatkan juara 1 dan kedua kali untuk Hasby sejak awal semester. Melalui kompetisi ini tentu dapat menambah wawasan dan mengasah kemampuan dalam berarsitektur sehingga akan sangat berguna dalam perjalanan karier ke depannya,” ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Panji, peraih juara 3 dalam kompetisi tersebut.

“Perasaan kami saat menjadi juara 3 tentu senang karena ini merupakan sayembara pertama kami, terlebih bisa sampai ke penjurian tahap 2 yang memerlukan berbagai persiapan. Semoga banyak mahasiswa Arsitektur UNS lain yang terus giat mengikuti kompetisi maupun kegiatan lainnya untuk terus belajar dan mengembangkan diri,” ungkap mahasiswa semester akhir tersebut.

Melalui torehan prestasi 3 tim dari Prodi Arsitektur FT UNS dalam ajang WEX UGM 2021 semoga dapat memberikan semangat kepada mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR