Rabu, 28 Oktober 2020
Sosok Inspirasi
Afifah Ma'wa

Mahasiswa FEB UNS Ini Juara Tunggal Esai Pilar Pedia

Kamis, 17 September 2020
Dok.Pri

KISUTA.com - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil menjadi juara tunggal dalam Esai Pilar Pedia. Mahasiswa FEB UNS yang membanggakan tersebut adalah Afifah Ma'wa.

Dalam lomba yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Afifah Ma'wa menulis esai dengan judul "Penerapan Critical Thinking Practice dalam Optimalisasi Peran Ibu Cerdas untuk Mencetak Generasi Emas".

"Dalam essai saya tersebut, saya mencoba memberikan solusi terhadap rendahnya penerapan critical thinking atau berpikir kritis dalam proses pendidikan di Indonesia," ujar Afifah Ma'wa, Kamis (17/9/2020).

Ia mengatakan, dengan mulai menerapkan _critical thingking practice pada anak usia dini, hal tersebut akan mempengaruhi proses berfikir anak. Sehingga, akan mencetak generasi emas untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDG's) 2045.

Hasil membanggakan yang diraih Afifah Ma'wa, tidak dapat dilepaskan dari usaha tekunnya selama mempersiapkan lomba. Ia mengatakan, untuk mendapatkan pemahaman mengenai suatu topik atau tema esai, Afifah Ma'wa mengumpulkan berbagai jurnal/ publikasi untuk dibaca.

Ia membutuhkan waktu sekitar dua Minggu untuk mempersiapkan esainya. Waktu menulis yang biasa dimanfaatkan Afifah Ma'wa ia ambil saat senggang. Ia membiasakan menulis judul, kerangka ide, mencari referensi, dan merevisi esainya agar sesuai dengan tema lomba.

"Karena saya yakin dengan membaca, saya akan mendapatkan suatu ide baru dari riset-riset yang pernah ada sebelumnya. Saya juga meminta pendapat atau pandangan orang lain mengenai isi esai yang saya buat," terangnya.

Hal lain yang membuat Afifah Ma'wa menjadi semakin mantap adalah sebelum mengikuti ajang Esai Pilar Pedia ini, Afifah Ma'wa mengaku sudah pernah mencoba menulis esai dengan tema serupa. Dan, saat ia mengetahui BEM FIS UNJ menyelenggarakan lomba, Afifah Ma'wa langsung mendaftarkan diri dan mengumpulkan esai sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Meski lomba dilangsungkan secara daring akibat pandemi Covid-19, Afifah Ma'wa sadar bahwa niat untuk menjadi mahasiswa yang produktif harus terus ia jaga. Ia juga berharap agar rekan-rekan mahasiswa lainnya bisa memanfaatkan berbagai peluang yang ada untuk berkreasi mengasah kemampuan diri.

"Dengan kondisi pandemi seperti ini, tidak menjadi alasan untuk kita berdiam diri saja tanpa melakukan suatu hal positif dan produktif. Meskipun kita hanya bisa berada di rumah saja, tapi saya berharap kita sebagai mahasiswa bisa terus berkreativitas sesuai dengan minat dan bakat kita. Tetap jaga kesehatan dan semoga pandemi ini cepat berlalu," harapnya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR