Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi
Hijrianda Niko Larizky

Mahasiswa FIB UNS Ini Juara Kompetisi Podcast Pemuda Literasi Negeri

Kamis, 29 April 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Prestasi membanggakan tidak henti-hentinya ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Baru saja, mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) meraih juara tiga kompetisi podcast Pemuda Literasi Negeri yang diselenggarakan oleh Platform Inspirasi Malam.

Ia adalah Hijrianda Niko Larizky yang saat ini tengah duduk di semester empat Prodi Sastra Indonesia FIB UNS. Hijrianda Niko Larizky atau yang kerap disapa Niko kepada wartawan, Rabu (28/4) di Kampus UNS, mengungkapkan bahwa Ia membawakan topik literasi digital pada podcast yang dilombakan.

“Jadi, penting untuk mengoptimalkan literasi di era society 5.0 melalui media sosial. Apalagi saat ini teknologi dan pengetahuan semakin tinggi. Jadi, banyak poin penting yang dapat dimanfaatkan pada era saat ini dalam meningkatkan wawasan literasi,” ungkap Niko.

Ia mendapatkan ide karena gerakan literasi yang digaungkan oleh pemerintah belum berdampak secara signifikan. Oleh karena itu, Ia berupaya melalui podcast yang dibuat dapat memberikan dampak positif bagi sekitar khususnya mengenai literasi digital.

Sebelumnya, sudah 20 kompetisi podcast Ia ikuti, tetapi baru kali ini mendapatkan juara.

“Alhamdulillah ketika diumumkan mendapat juara, pastinya senang. Soalnya ini baru pertama kali juara lomba podcast dari 20 lomba podcast yang pernah saya ikuti. Apalagi podcast yang dibawakan ini tentang literasi, berkaitan dengan Prodi Sastra Indonesia sehingga bisa memberikan nilai positif bagi Prodi saya sendiri,” tambahnya.

Melalui torehan ini, Niko berharap dapat terus menuangkan gagasan-gagasannya dalam kompetisi serupa.

“Semoga bisa terus memanfaatkan lomba seperti ini untuk menuangkan ide, baik bagi saya maupun teman-teman di Sastra Indonesia. Terlebih, ide-ide yang diusung dapat memberikan dampak yang positif bagi sekitar. Selamat berkarya buat semua,” tutup Niko.* Eko Prasetyo - kisuta.com



BAGIKAN

BERI KOMENTAR