Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Mahasiswa FISIP UNS Raih Prestasi di Tingkat Nasional

Selasa, 27 April 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Tiga mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengukir prestasi di tingkat Nasional. Ketiga mahasiswa tersebut di antaranya Bintang Surya Laksana, Septiyan Nur Rois, dan Lala Dila Pradini. Mereka tergabung dalam satu tim yang bernama Tim Elora.

Dibimbing oleh Anjang Priliantini, S.I.Kom., M.A, Tim Elora keluar sebagai Juara II untuk Kategori PR Campaign pada ajang Festival Ajisaka UGM 2020+ yang diselenggarakan pada 9-10 April kemarin.

Pada Kategori PR Campaign, Tim Elora harus menyelesaikan permasalahan yang telah diberikan oleh panitia penyelenggara Ajisaka UGM 2020+. Permasalahan tersebut berupa pemulihan reputasi dan rasa percaya wisatawan terhadap destinasi wisata unggulan pasca Pandemi Covid-19. Menjawab permasalahan tersebut, Tim Elora mengusung ide ‘Remember This’ untuk objek wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

‘Remember This’ merupakan suatu ide kampanye yang berusaha untuk membangkitkan kembali memori para wisatawan tentang memon-momen sentimental yang pernah terjadi di Candi Borobudur.

“Kami ingin menyentuh sisi emosional dengan me- recall ingatan dan sisi rasional dengan memberikan rasa aman lewat protokol kesehatan,” ujar Bintang selaku Ketua Tim Elora.

Bintang juga menjelaskan upaya spesifik yang mereka ajukan untuk membangkitkan kembali memori para wisatawan tentang Candi Borobudur. Upaya spesifik tersebut diantaranya dengan membuat poster gambar event yang pernah terjadi di Candi Borobudur. Poster tersebut juga disertai dengan tulisan-tulisan yang menarik. Misalnya poster tentang penyelenggaraan acara Waisak yang pernah dilaksanakan di Candi Borobudur, Tim Elora membubuhkan kalimat "Did you remember this? When we are feel peaceful on vesak day whilr watching the ritual and the monk pray for buddha and peaceful world".

Selain poster, Tim Elora juga membuat video yang berisi kompilasi acara-acara yang pernah digelar di Candi Borobudur.

Sasaran primer dari ‘Remember This’ adalah wisatawan mancanegara. Hal tersebut dikarenakan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Candi Borobudur mengalami penurunan yang sangat drastis akibat wabah Covid-19.

Prestasi yang diukir oleh Tim Elora tidak hanya sekadar menjadi capaian akademis saja. Bintang menuturkan bahwa melalui prestasi yang diraihnya bersama dengan Tim Elora membuat dirinya merasa semakin tertantang.

“Kita tidak pernah tahu kemampuan kita sebenarnya kalau tidak pernah men- challenge diri sendiri. Maka itu, Jangan takut mencoba sesuatu yang baru. Ambil kesempatan yang ada, niatkan belajar. Kalau belum mendapatkan juara, setidaknya sudah mendapatkan pengalaman berharga,” ujarnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR