Jumat, 30 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

Mahasiswa FK UNS Raih Juara Dua Lomba Poster Nasional

Jumat, 14 Agustus 2020

KISUTA.com - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil meraih juara dua lomba poster tingkat nasional. Mereka yaitu Anggun Pulihana Wilujeng, Kresnantyo Adi Nugroho, dan Muhammad Faris Akbar dari Program Studi (Prodi) Kedokteran. Kompetisi tersebut dilaksanakan secara daring oleh Medical Research and Science Club (MARS) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Anggun Pulihana Wilujeng mengaku sangat senang ketika mendapati kelompoknya menjadi pemenang dalam kompetisi tersebut. "Alhamdulillah senang sekali karena waktu pandemi seperti ini bisa menjadi mahasiswa yang produktif. Semoga melalui pencapaian ini bisa menjadi pacuan bagi kami untuk terus ikut lomba di lain kesempatan dan memacu teman-teman juga untuk ikut lomba," ungkapnya kepada wartawan, jumat (14/8/2020).

Desain poster yang dibuat oleh Anggun dan timnya dalam kompetisi ini yakni mengenai osteoporosis, sebuah penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang sehingga tulang menjadi keropos dan mudah patah.

"Jadi kami membuat poster tentang osteoporosis, mulai dari definisi, faktor risiko, jenis-jenis, epidemiologi, dan pencegahan osteoporosis. Kami memilih kata KALSIUM sebagai singkatan untuk pencegahan osteoporosis," terang Anggun

Mahasiswa semester enam tersebut kembali menjelaskan bahwa penggunaan akronim KALSIUM dalam poster bertujuan untuk memudahkan pembaca dalam mengingat pencegahan osteoporosis.

"KALSIUM yang dimaksud yaitu Konsumsi makanan kaya kalsium, Asupan kaya vitamin D diperbanyak, Luangkan waktu untuk olahraga rutin, Stop merokok dan minum alkohol, Ingat untuk berjemur di pagi hari, Usahakan tidak konsumsi produk tinggi kafein, dan Melakukan tes dini osteoporosis saat menopause," jelasnya kembali.

Perlombaan dengan tema `Medical Djogja Scientific Competition` (MEDJONSON) ini berlangsung sejak Desember 2019 melalui beberapa tahapan. Tahapan tersebut mulai dari pendaftaran, tahap voting poster, pengumpulan video presentasi hingga pengumuman pemenang pada 10 Juli lalu melalui akun _Instagram_ @medjonson_mars.

Melalui pencapaian ini, Anggun berharap semoga dapat terus berkarya sebagai bekal untuk masa yang akan datang.

"Semoga kami selalu berusaha untuk bisa mengembangkan diri, mencari potensi dan minat bakat sebagai bekal mencari pengalaman, baik akademik maupun nonakademik dan membawa nama baik UNS di ajang perlombaan yang lainnya," harapnya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR