Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Mahasiswa UNS Juara 2 pada LKTIN IASC UB

Senin, 26 Juli 2021
Humas UNS

KISUTA.com – Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil mengukir prestasi pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Innovation of Animal Science Competition (IASC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (UB). Ketiga mahasiswa ini berhasil menyabet juara dua pada subtema Animal Nutrition. Mereka yang mengharumkan nama UNS adalah Septaningtias, Ahyana Radyada, dan Mufidatun Nisa. Mereka berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Lomba ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan media sosial Instagram. Adapun, teknis dari lomba ini adalah video dan poster karya peserta lomba diunggah pada akun Instagram pihak penyelenggara. Sementara, ketika presentasi lomba dilakukan melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. Septaningtias mengaku terkejut atas pencapaian yang diraih.

“Kaget jika bisa sampai mendapatkan juara dan bersyukur banget karena sebelumnya tim kami dari FKIP dan perlombaan di Fakultas Peternakan,” ujar perempuan yang kerap dipanggil Septa .

Di bawah bimbingan Annisa Nur Khasanah, seorang dosen di Pendidikan IPA UNS, mereka berhasil menciptakan karya tulis ilmiah dengan judul “Eksistensi Generasi Muda Menghadapi Tantangan Global Sektor Peternakan di Era New Normal for Sustainable Development 2045”. Butuh waktu selama tiga bulan untuk menggarap karya tersebut.

Selain itu, mereka merasa bahwa lomba tersebut berhubungan dengan penugasan mata kuliah yang sedang diambil.

“Lomba tersebut sangat berhubungan dengan penugasan mata kuliah dan kami melihat peluang di perlombaan. Persiapan kurang lebih tiga bulan, namun banyak hal yang kita lalui karena daring jadi komunikasi tim kurang baik. Waktu kami atur semaksimal mungkin karena bersama dengan tugas kuliah yang tidak sedikit. Lembur sampai tengah malam dan agak kesulitan ketika membuat video dan poster karena sebelumnya memang bukan basic kita,” ungkap Septa.

Ke depan, mewakili teman-temannya, Septa berharap agar orang lain dapat termotivasi untuk mengembangkan potensi diri.

“Setelah mengikuti lomba ini, harapannya tim kami dan orang lain itu ikut termotivasi untuk mengembangkan potensi diri dan mengikuti perlombaan lainnya,” harapnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR