Senin, 25 Januari 2021
Sosok Inspirasi

Mahasiswa UNS Rancang Usaha Spray Nano Silver sebagai Agen Anti Bakteri pada Helm

Rabu, 25 November 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang diketuai oleh Nikmah Kasanah, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merancang usaha Spray Nano Silver sebagai agen anti bakteri dan anti jamur pada helm. Ide ini muncul karena banyaknya aktivitas yang dilakukan di luar saat berkendara yang menimbulkan masalah baru pada salah satu atribut keamanan berkendara seperti halnya pada helm.

Nikmah Kasanah mengatakan, helm yang digunakan secara berulang menimbulkan suatu masalah, yaitu dapat mengakibatkan bakteri dan jamur berkembangbiak, terlebih lagi bagian kepala biasanya cenderung lembab akibat dari keringat atau rambut yang basah. Hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya bau yang menggangu pada helm, serta dapat meningkatkan potensi penyakit kulit kepala.

“Sebagai upaya dalam mengatasi masalah ini, Tim PKM-K berupaya dalam pembuatan spray yang bersifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat membunuh jamur dan bakteri yang timbul akibat penggunaan helm, serta dapat menghilangkan bau tidak sedap pada helm,” terang Nikmah Kasanah, Rabu (25/11/2020).

Agen antibakteri dan antijamur yang dipilih adalah nanosilver, dimana nanosilver ini telah terbukti sebagai antibakteri dan antijamurnya, serta minim efek samping yang ditimbulkan. Produk ini diberi nama Spray Silvero, dengan tagline yang di tawarkan adalah mudah, murah, dan efisien. Penggunaan cukup dilakukan dengan menyemprotkan Spray Silvero pada helm sebanyak tiga kali. Dimana aktivitas antibakteri dan antijamur pada semprotan Spray Silvero dapat bertahan selama kurang lebih 24 jam.

Tidak hanya itu, Spray Silvero juga menawarkan berbagai varian bau, seperti wangi bunga lavender, lily, gardenia, dan rose yang merupakan wangi parfum yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi masyarakat yang tidak menyukai wewangian, Spray Silvero juga menawarkan varian natural, tanpa adanya penambahan minyak atsiri.

Spray silvero ini juga ditawarkan dalam kemasan ekonomis dan kemasan refill. Kemasan ekonomis sendiri terdapat dua macam varian yang masing masing disajikan dalam 50 Ml, di mana varian tersebut adalah varian Spary Silvero tiga kali semprot dan varian Spray Silvero satu kali semprot.

Hal yang membedakan dari kedua varian tersebut terletak pada jumlah konsentrasi nanosilver yang ada pada larutan tersebut. Sedangkan kemasan refill disajikan dalam botol besar ukuran 1 L, sehingga konsumen dapat menggunakan botol Spray Silvero kembali. Sehingga jumlah limbah botol spray yang ditimbulkan dapat diminimalisir, serta harga yang didapat menjadi lebih murah.

“Inovasi yang di tawarkan dari tim PKM-K UNS ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pengguna sepeda motor terhadap kesehatan helm dan memudahkan pengguna sepeda motor dalam perawatan helm,” pungkas Nikmah Kasanah.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR