Sabtu, 19 September 2020
Sosok Inspirasi
Devie Susilawaty

Mahasiswi KKN Unisri Ini Ajari Anak Kreatif Mendaur Ulang dan Menghargai Uang

Kamis, 20 Agustus 2020
Dok.Pri

KISUTA.com - Covid-19 berdampak nyaris pada semua sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Bahkan, bagi anak-anak, siswa maupun mahasiswa, harus menerima kenyataan pahit. Mereka diharuskan belajar di rumah selama pandemi ini.

Ini mengakibatkan anak-anak merasa bosan karena tidak bisa bertemu dengan guru dan teman-temannya. Atau, dampak yang lebih parahnya lagi, anak-anak bisa mutung, lupa dan melupakan belajar.

Keadaan ini menjadi keprihatinan Devie Susilawaty, mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Wonogiri.

Di bawah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Andika Drajat M.,SIP.,MA, Devie memberikan pembelajaran kepada anak-anak Dusun Semin RT.02/RW.09 Desa Pondok, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, tempat ia ber-KKN.

Devie ingin menanamkan kebiasaan menabung kepada anak-anak. Untuk itu, pada Sabtu (15/8/2020) kemarin, Devie mengumpulkan anak-anak memberikan pelatihan membuat celengan yang kreatif.

"Saya mengajarkan cara membuat celengan yang menarik menggunakan botol bekas dan kain flanel. Walaupun celengan dapat dibeli di toko, tetapi di sini saya ingin anak-anak dapat memanfaatkan barang bekas," kata Devie.

Maka, lanjutnya, celengan dari botol bekas yang dikreasi akan menimbulkan daya tarik tersendiri untuk anak-anak. Selain meningkatkan semangat menabung, anak-anak juga akan kreatif memanfaatkan barang bekas.

"Dengan pelatihan pembuatan celengan ini terbukti anak-anak semakin semangat menabung dan mengerti arti rupiah," ucap Devie.* das - kisuta.com


KATA KUNCI

BAGIKAN

BERI KOMENTAR