Jumat, 26 Februari 2021
Sosok Inspirasi
Sekar Tri Kusuma

Menggagas Kreativitas Berkomunikasi Lewat Tari Samar

Jumat, 5 Februari 2021
Dok.Pri

KISUTA.com - Sekar Tri Kusuma, mahasiswi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Prodi Seni Tari berhasil berkarya tari Samar.

"Samar adalah karya work in progress yang dilatarbelakangi oleh ide gagasan saya untuk mengungkapkan esensi dari pengalaman rabun jauh," ungkap Sekar, kelahiran 23 Nopember 1999 kepada wartawan, di Kampus ISI Surakarta, Kamis (4/2/2021).

Dari pengalaman tersebut, dirinya, tertarik untuk mengangkat komunikasi sebagai tema besar dalam karya ini, "Di mana saya melihat adanya keterbatasan kapasitas dalam berkomunikasi yang dapat menimbulkan adanya kesalahpahaman," ujarnya.

Kesalahpahaman, menurut Sekar, dalam berkomunikasi hingga saat ini masih menjadi persoalan yang pelik bagi masyarakat luas.

Berangkat dari ide gagasan komunikasi, saya merasa bahwa komunikasi tidak hanya dapat disampaikan secara verbal namun juga dapat disampaikan secara non verbal. Pesan yang disampaikan secara non verbal belum tentu bisa diterima dengan jelas bahkan sangat memungkinkan jika pesan tersebut diterima secara tidak jelas dan samar.

"Dalam hal ini saya mengadaptasi pola dalam permainan yang erat kaitannya dengan kemungkinan-kemungkinan dan aturan main. Dari pemahaman itulah saya terus mencari kemungkinan-kemungkinan pola gerak yang dilakukan secara spontan," ungkapnya.

Meskipun demikian dari setiap spontanitas dalam bergerak yang diterapkan dalam karya ini terdapat beberapa pola yang terus diulang. Pola-pola yang terus diulang tersebut menjadi pemantapan dalam proses kreatif berkomuikasi dalam karya ini.

"Material gerak dalam karya ini disusun setelah diskusi panjang dengan pendukung karya. Saya ingin mencoba untuk lebih jujur dengan apa yang menjadi ide gagasan saya, sehingga dalam karya ini tema lah yang menggerakkan tubuh, bukan sebaliknya," ungkapnya

Proses karya ini, lebih lanjut Ia mengatakan, berjalan selama kurang lebih 3 bulan, mulai dari proses hingga rekaman kami kerjakan di Studio Plesungan.

"Karya ini merupakan bagian dari Mata Kuliah Bimbingan Karya yang sedang saya tempuh di semester 7 ini, dan juga akan menjadi pjakan awal dalam mengerjakan Tugas Akhir yang akan saya tempuh di awal semester depan. Karya ini dirilis pada Minggu, 31 Januari 2021 di kanal Youtube Sekar Tri Kusuma pada pukul 21.00 WIB," jelas Sekar sambil mengungkap durasi pementasan tari selama 19 menit 15 detik.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR