Sabtu, 19 September 2020
Sosok Inspirasi
Kuliah Umum Dirjen Dikti pada PKKMB UNS

Merdeka Belajar di Kampus Merdeka. Semangat!

Selasa, 15 September 2020
Humas UNS

KISUTA.com – Di hadapan Mahasiswa Baru (Maba) tahun Akademik 2020/2021, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Kemendikbud RI), Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D memberikan kuliah umum tentang Semangat Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar. Kuliah umum tersebut diberikan Prof. Nizam secara daring pada Senin (14/9/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Nizam mengutip perkataan Ki Hajar Dewantara bahwa tujuan pendidikan adalah menghasilkan insan merdeka dengan tiga ciri yaitu berdikari, mampu mandiri dan mampu untuk menentukan masa depannya sendiri.

"Semangat inilah yang dibawa untuk melaksanakan Kampus Merdeka sehingga mampu melahirkan generasi yang pantang menyerah, pembelajar sejati, fleksible, adaptif, mampu menentukan keinginan diri sendiri serta kreatif," terang Prof. Nizam.

Prof. Nizam menambahkan, bahwa saat ini pendekatan multidisipliner, pendekatan kolaboratif lintas program studi, lintas fakultas bahkan lintas universitas dan bidang keilmuan menjadi prioritas dalam menjalankan sistem pendidikan tinggi di era 4.0 dan Kampus Merdeka.

Hal tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapai perubahan di bidang industri bahwa sepuluh tahun yang akan datang profesi yang saat ini masih ada, bersifat rutin dan dikerjakan oleh manusia akan hilang. Pekerjaan tersebut nantinya akan digantikan oleh pekerjaan – pekerjaan baru yang digerakan oleh mesin atau robot. Kondisi ini disebut dengan era distrupsi sekaligus menjadi tantangan bagi pendidikan tinggi untuk berani mengambil keputusan melakukan inovasi baru.

Di abad ke-21 ini terdapat kecakapan atau sering disebut dengan pendidikan 4.0 yang dipersiapkan untuk generasi muda. Tiga kemampuan dasar yang diperlukan ialah literasi fundamental, komunikasi fundamental dan terakhir ialah kualitas karakter. Masing masing memiliki poin untuk menjabarkan kemampuan apa yang harus dimiliki oleh generasi muda.

"Saya mengingatkan bahwa kampus harus menjadi tempat mahasiswa mengasah potensinya dengan baik. Kampus yang nyaman, sehat dan aman menjadi tiga poin penting yang harus dijaga dan diwujudkan bersama," imbuhnya.

Tak lupa Prof. Nizam juga menyampaikan peluang – peluang yang bisa diambil oleh mahasiswa dalam kebijakan kampus merdeka seperti bisa menempuh kuliah di Program Studi (Prodi) dan atau universitas lain. Kemudian kesempatan magang langsung di industri atau melaksanakan proyek pembangunan desa sesuai dengan bidang keilmuannya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR