Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

Peduli Potensi Siswa, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Bimbing Kenali Jurusan

Jumat, 29 Oktober 2021
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Pandemi yang telah berlangsung lebih dari 2 tahun membuat sekolah harus kembali mengenal potensi siswa lebih dalam setelah pembelajaran Jarak Jauh. Walaupun pembelajaran tatap muka secara protokol kesehatan mulai berlangsung, SMP Muhammadiyah 1 Surakarta memahami peserta didik perlu mengenali diri dan menjalankan kebiasaan yang baik.Maka SMP Muhammadiyah 1 Surakarta menggelar Webinar ," Strategi Memilih Jurusan Tepat Untuk Masa Depan Hebat", Solo, Jumat (29/10/2021).

Seminar dengan 3 pembicara yakni, Ernawati, S.Psi, M.Psi, (Dosen Psikologi UIN Raden Mas Said Surakarta), Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd, (Kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta) dan Tarmo, S.Pd.M.Pd., (Kepala SMK Muhammadiyah 1 Surakarta)

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta persiapkan siswa mengenali diri untuk memilih Jurusan yang tepat. Pada paparan Ernawati, S.Psi, M.Psi Siswa dipahamkan bahwa setiap orang memiliki potensi terbaiknya dan kepintaran diukur bukan hanya dari akademik. Tetapi prestasi bisa dari olahraga, seni, dan bidang lainnya.Untuk membimbing siswa ke potensi terbaiknya siswa diajak membuat peta kehidupan, untuk merencanakan dan mengembangkan potensi nya dengan lebih terarah.

Pada pembicara kedua Dr. Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd, menyampaikan gambaran sekolah yang harus dipilih untuk mempersiapkan siswa ke jenjang perguruan tinggi agar setiap peserta didik memiliki nilai positif pembeda dari yang lain.

Pada pemaparan pembicara ketiga Tarmo, S.Pd.M.Pd., menyampaikan kriteria sekolah yang mampu membimbing siswa menciptakan lapangan pekerjaan.Selain itu sekolah yang memiliki kerjasama yang baik dengan perusahaan yang membutuhkan tenaga terampil, juga harus dipilih untuk memudahkan siswanya mendapatkan pekerjaan.

Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta, H.Ahmad Sukidi, S.Ag, M.Pd. juga menyampaikan harapannya, setelah mengikuti webinar ini peserta didik dapat mulai mengenali di potensi diri dan melakukan kebiasaan yang mendorong pada kesuksesan.

Antusiasme peserta didik mengikuti tampak pada pertanyaan yang bervariasibdan semua Pembicara mendapatkan pertanyaan.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR