Senin, 25 Januari 2021
Sosok Inspirasi

Peneliti UNS Teliti Gasifikasi Cangkang Sawit

Selasa, 12 Januari 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Sejumlah peneliti Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar Focus Group Discussion secara on line peranan teknologi gasifikasi cangkang sawit untuk pemanas agregat keperluan hot mix asphait. Pembahasan digelar secara zoom clouds meeting dari Gedung Fakultas Teknik UNS, Solo, Selasa (12/1/2021).

"Tema yang diketengahkan adalah Peranan Teknologi Gasifikasi Cangkang Sawit Dalam Pembangunan Infrastruktur," ungkap Ketua Peneliti UNS Dr. Sunu Herwi Pranolo, ST,MSc.

Menurut Sunu, tujuan pelaksanaan Kegiatan Focus Group Discussion Secara On line Peranan Teknologi Gasifikasi Cangkang Sawit dalam Pembangunan Infrastruktur, antara lain, Pemaparan hasil penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarkat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dengan judul “Demonstrasi Unit Gasifikasi Cangkang Sawit untuk Produksi Gas Mempan Bakar Pengganti Bahan Bakar Fosil pada Pembuatan Hot Mixed Asphalt”. Juga sosialisasi tentang pemanfaatan energi terbarukan untuk pembangunan infrastruktur di Indonesia, dan Pemaparan rekomendasi rancangan peraturan untuk pendukung produk ramah lingkungan pada pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Lebih lanjut Sunu mengemukakan manfaat penyelenggaraan Focus Group Discussion secara online ini: a. perkembangan riset terkini tentang penyediaan energi untuk pendukung pembangunan infrastruktur dapat diketahui masyarakat; b. transfer teknologi dan pengetahuan mengenai pemanfaatan energi terbarukan dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia; c. rekomendasi rancangan peraturan untuk pendukung produk ramah lingkungan pada pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Sementara itu, kegiatan ini menampilkan pembicara Dr. Sunu Herwi Pranolo, S.T., M.Sc. (Peneliti LPPM – UNS) dengan topik: Keunggulan teknologi gasifikasi cangkang sawit untuk proses pemanasan agregat keperluan produksi campuran beraspal panas; Ir. Sudirman, M.M. (Staf Ahli Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), topik: Tinjauan gasifikasi cangkang sawit untuk pemanas agregat pada asphalt mixing plant dalam mendukung Green Construction; Dr. Ir. Nyoman Suaryana, M.Sc. (Kasubdit Teknik Rekonstruksi Direktorat Preservasi Jalan Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), topik: Aspek inovasi penerapan gasifikasi cangkang sawit untuk efisiensi pembangunan Jalan Bebas Hambatan dan Perkotaan di Indonesia; Koes Widaryanto, S.T. (mitra penelitian dari PT Damai Citra Mandiri, Pontianak) dengan topik: Pengalaman pemanfaatan teknologi gasifikasi biomassa untuk produksi campuran beraspal panas di PT Damai Citra Mandiri sebagai mitra penelitian LPPM - UNS.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR