Sabtu, 24 Oktober 2020
Sosok Inspirasi
Rahmat Hidayat

Penyandang Disabilitas Ini Ingin Mendesain Baju untuk Jokowi

Minggu, 2 Desember 2018
IST.

KISUTA.com - Sesuai arti namanya, Rahmat Hidayat, yaitu pemberian karunia atau berkah yang baik, begitulah kini yang dialami Rahmat Hidayat (25), disainer penyandang disabilitas asal Kampung Ciawitali RT 02/RW 06, Desa/Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat.

Berkat kepiawaiannya mendesain busana, setelah viral di media sosial, kalangan pejabat daerah dan para pihak terkait pun mulai mengulurkan tangan. Lihat saja, rumah panggung berdinding bilik milik keluarga Rahmat, siap direhab atau dibedah. Tawaran untuk melaksanakan ibadah umroh pun telah sampai padanya.

Berkat media sosial juga, atas inspirasi yang diberikan, Rahmat menerima kunjungan, tidak hanya dari Hengky Kurniawan yang sekarang menjabat sebagai Wakil Bupati Bandung Barat, beserta istri, namun juga desainer kondang Anne Avantie.

Inilah fakta tentang anak pertama yang menjadi tulang punggung keluarga dari pasangan Ati Susilawati dan Hasan, seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu (2/12/2018).

1. Terlahir dengan keterbatasan fisik
Rahmat terlahir dengan kondisi keterbatasan fisik, yakni kedua tangan dan kakinya tidak sempurna. Untuk berjalan, Rahmat melakukannya dengan cara ngesot dan dibantu kedua tangannya.

2. Dari keluarga tidak mampu
Anak pertama dari 5 bersaudara ini tergolong keluarga tidak mampu. Ia tinggal di rumah semipermanen milik orangtuanya yang ada di pelosok, 30 km dari Kota Bandung. Untuk menuju rumahnya, harus melalui jalan setapak di tengah sawah sejauh 1 km.

3. Tidak pernah sekolah
Rahmat sama sekali tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Hal ini tidak lepas dari kondisi ekonomi keluarga yang tergolong tidak mampu. Namun, ia bisa membaca dan menulis berkat bantuan bibinya.

4. Jago mendesain
Meski memiliki keterbatasan fisik, Rahmat memiliki karya-karya desain fashion kekinian. Ia bisa merancang beragam busana, seperti gaun pengantin, kebaya, hingga busana Muslim. Bahkan saat ini, ia memiliki koleksi ratusan desain yang dikumpulkan dalam tiga jilid.

5. Belajar otodidak
Untuk membuat karya-karya desainnya, Rahmat belajar secara otodidak sejak usia 7 tahun. Ia tidak punya guru atau pun panduan buku. Ia hanya berbekal suka menggambar dan mengamati busana-busana yang dikenakan orang. Desain, motif, dan perpaduan warna dari karya-karyanya berasal dari imajinasinya sendiri. Berbagai model, semua dibuatnya dengan detail dan teliti di atas kertas HVS.

6. Viral di media sosial
Meski sudah lama membuat karya desain, Rahmat baru ramai diperbincangkan di media sosial akhir-akhir ini. Hal itu setelah unggahan foto-foto desain karyanya di Facebook dan Instagram mendapat pujian dari ribuan warganet. Rahmat sendiri memiliki akun Instagram @rahmathidayat4259

7. Pencinta drama Korea
Rahmat mengaku suka menonton drama Korea di televisi. Bahkan, ia mulai tertarik pada dunia desain fashion sejak menonton drama Korea berjudul “King of Fashion”. Alur drama tersebut membuatnya tertarik pada dunia desain. Ia pun mulai mencoba menggambar berbagai rancangan pakaian.

8. Mengidolakan Ivan Gunawan
Kecintaanya terhadap dunia desain membuat Rahmat mengenal beberapa desainer nasional, di antaranya Ivan Gunasan, Eko Chandra, Ane Avanti, dan Barli Asmara. Dari sederet desainer terkenal itu, Rahmat mengidolakan Ivan Gunawan dan menyatakan keinginan untuk bertemu dengannya.

9. Ingin bertemu Jokowi
Meski mengakui karyanya masih jauh dari sempurna, Rahmat ingin sekali bertemu dengan Presiden Joko Widodo dan membuatkan desain baju untuknya. Ia juga ingin minta dukungan Jokowi agar dirinya bisa terus berkarya menyalurkan bakatnya.

10. Tulang punggung keluarga
Meskipun memiliki keterbatasan fisik, Rahmat kini menjadi tulang punggung keluarganya. Ia harus menopang kehidupan ibu dan empat adiknya yang memiliki fisik normal lantaran orangtuanya sudah berpisah sejak lama.* harie - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR