Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Perpustakaan Unisri Surakarta Peroleh Akreditasi

Jumat, 1 Oktober 2021
Humas Unisri

KISUTA.com - Perpustakaan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta memperoleh akreditasi A. Tentu saja, prestasi itu cukup membanggakan.

Karena, dari sejumlah perpustakaan di berbagai perguruan tinggi swasta di Kota Solo, baru perpustakaan Unisri yang mendapatkan akreditasi tertinggi.

Rektor Unisri Surakarta Prof Dr Sutardi meminta semua pihak untuk menjaga hasil kerja keras itu. "Sebab, bisa saja akreditasi A tersebut turun menjadi B atau bahkan C," kata rektor, usai menerima akreditasi itu di kampus.

Dikatakan, keberadaan perpustakaan sangat penting bagi lembaga pendidikan, terutama perguruan tinggi. Perpustakaan adalah jendela ilmu, tempat bagi siapa pun yang ingin mencari ilmu, belajar, dan berdiskusi.

Kepala Unit Pelaksana Tehnik (UPT) Perpustakaan Unisri Surakarta Suharno mengatakan, akreditasi A yang diperoleh UPT Perpustakaan Unisri adalah peningkatan. Sebab, akreditasi sebelumnya adalah C.

Menurut dia, tidak mudah untuk mendapatkan akreditasi A bagi sebuah perpustakaan perguruan tinggi. Ada enam instrumen yang dinilai dalam akreditasi perpustakaan.

Yakni, koleksi perpustakaan, pelayanan perpustakaan, sarana dan prasarana, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan, dan penguat.

"Perolehan akreditasi A ini tentu saja membanggakan bagi kami. Sebab, kerja keras kami mrmbuahkan hasil. Tugas kami selanjutnya adalah menjaga, jangan sampai akreditasi A ini turun," kata Suharno.

Kepala Bidang Pembinaan dan. Pengawasan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta Mufti Raharjo mengatakan, arsip dan perpustakaan sangatlah penting, karena diatur dalam undang-undang.

"Saking pentingnya, keberadaan perpustakaan langsung di bawah presiden," kata Mufti Raharjo.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR