Rabu, 23 September 2020
Sosok Inspirasi

Pimpinan UNS Bersama Perwakilan Aliansi Mahasiswa Gelar FGD

Rabu, 5 Agustus 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Pimpinan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang diwakili oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo bersama Aliansi Mahasiswa UNS menggelar Focus Group Discussion (FGD). FGD tersebut membahas hasil kajian Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UNS yang mendasari tuntutan mahasiswa "Dasa Sila" yang disuarakan oleh Aliansi Mahasiswa UNS pada aksi unjuk rasa di Boulevard UNS pada 20 Juli 2020 lalu.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengatakan, FGD pembahasan Hasil Kajian dilaksanakan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) UNS, diikuti oleh 35 orang mahasiswa perwakilan Aliansi Mahasiswa UNS dan Tim Pendamping yang beranggotakan tujuh orang, terdiri atas para Staf Ahli Rektor UNS dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dari beberapa Fakultas di UNS. FGD dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNS, Prof. Kuncoro Diharjo, kemudian dilanjutkan sesi diskusi.

Sesi diskusi dibagi ke dalam lima kelompok. Tiap kelompok berisi perwakilan mahasiswa dan anggota Tim Pendamping. Kelompok diskusi dibagi sesuai dengan topik atau isu dalam Hasil Kajian Aliansi Mahasiswa UNS. "Yaitu Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Jaket Almamater, Keringanan UKT, Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Pelaksanaan Perkuliahan Daring, dan PTNBH, Kebebasan Akademik Mahasiswa, dan isu-isu penting lainnya. Diskusi di setiap kelompok juga dihadiri oleh Rektor UNS yang berdialog secara langsung dengan perwakilan mahasiswa," terang Prof. Kuncoro, di Kampus UNS, Solo, Rabu (5/8/2020).

Setelah diskusi kelompok selesai, perwakilan tiap kelompok diskusi dari Aliansi Mahasiswa UNS menyampaikan paparan hasil diskusi di masing-masing kelompok di hadapan seluruh peserta FGD. Perwakilan dari Aliansi Mahasiswa UNS tersebut adalah Arifin dengan topik UKT dan Jaket Almamater, Adit dengan topik Keringanan UKT, Firda dengan topik SPI, Toro dengan topik Perkuliahan Daring dan Wahid dengan topik PTNBH, Mimbar Akademik, dan lain - lain.

Dalam paparan yang disampaikan oleh perwakilan Aliansi Mahasiswa UNS, dinyatakan bahwa Aliansi Mahasiswa UNS menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan FGD sebagai bentuk respons positif dari pihak Rektorat atas aspirasi yang telah disampaikan oleh Aliansi Mahasiswa UNS. Dalam paparan itu juga disebutkan beberapa poin-poin persamaan persepsi dan langkah-langkah tindak lanjut yang disepakati bersama oleh perwakilan Aliansi Mahasiswa UNS dan Tim Pendamping.

Hasil FGD diolah sebagai materi yang nantinya dibahas dalam Audiensi langsung mahasiswa dengan Rektor UNS yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Rencananya, Audiensi tersebut akan dilaksanakan secara tatap muka dengan perwakilan mahasiswa, dan juga disiarkan secara daring sehingga semua mahasiswa dapat mengikuti jalannya Audiensi.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR