Sabtu, 19 September 2020
Sosok Inspirasi

Prodi PWK FT UNS Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Sabtu, 8 Agustus 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Program Studi (Prodi) Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) UNS menyebutkan, Sabtu (8/8/2020), hasil akreditasi Prodi PWK FT UNS memperoleh skor 368. Berdasar SK BAN-PT No. 4394/SK/BAN PT/Akred/S/VIII/2020, status akreditasi tersebut berlaku selama 5 tahun, mulai dari tanggal 4 Agustus 2020 hingga 4 Agustus 2025.

Menanggapi hasil akreditasi Prodi PWK FT UNS, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengapresiasi langkah dan usaha dari Kepala Program Studi (Kaprodi), dosen, dan Unit Penjamin Mutu (UPM) FT UNS yang telah mendampingi proses akreditasi dengan baik.

Ia juga menegaskan kualitas akreditasi terhadap seluruh Prodi di setiap jenjang, mulai dari tingkat vokasi hingga doktoral di UNS, harus diprioritaskan.

"Dalam rangka penguatan penjaminan mutu dan keberlanjutan Prodi pada Sekolah Vokasi, sarjana, magister, dan doktor di UNS, akreditasi menjadi prioritas utama yang harus ditindaklanjuti secara komprehensif," ujar Prof. Jamal Wiwoho kepada wartawan, melalui telepon seluler, Sabtu (8/8/2020).

Selama proses penilaian Asesment Lapangan (AL) yang digelar secara daring pada 27-28 Juli 2020 oleh Asesor BAN-PT, Heru Purboyo Hidayat Putro dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Deva Haroldfasterdas Swasto dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, tim akreditasi Prodi PWK FT UNS, UPM FT UNS, dengan didampingi Korbid Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) LPPMP UNS melaporkan dan membuktikan semua proses input, proses, dan outcame Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai dengan Instrumen BAN-PT pada Borang 3A dan 3B.

"Hal ini menjadi salah satu kebanggaan dan upaya peningkatan penjaminan mutu Prodi S1 PWK FT yang sebelumnya peringkat akreditasi B sekarang naik peringkat menjadi A," ujar Korbid SPME Akreditasi Nasional LPPMP UNS, Muhammad Rohmadi.

Muhammad Rohmadi mengatakan, sejumlah upaya dari Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu (PPSMM) LPPMP UNS dan UPM Fakultas/ Pascasarjana/ Sekolah Vokasi/ UPT/ Lembaga di UNS harus dilakukan secara periodik. Caranya, dengan terus menggelar workshop implementasi SPMI dan monev dengan tujuan mendukung keberlanjutan sistem akreditasi di UNS.

"Hal ini dikarenakan implementasi SPMI dan monev yang komprehensif dan berkelanjutan menjadi salah satu upaya untuk dapat meningkatkan penjaminan mutu di UNS secara pertahap. Target naik peringkat dari akreditasi B menjadi A dan yang A menuju akreditasi internasional terus dilakukan oleh PPSMM LPPMP UNS," lanjut Muhammad Rohmadi.

Ia juga mengungkapkan sebagai Korbid SPME Akreditasi Nasional LPPMP UNS, pihaknya dituntut untuk selalu siap dalam mewujudkan peningkatan dan penguatan penjaminan mutu, baik nasional maupun internasional, dan mengawal mutu setiap Prodi di UNS secara berkelanjutan.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR