Rabu, 27 Oktober 2021
Sosok Inspirasi

Prodi S2 Pendidikan Biologi UNS Gelar Webinar Manajemen Sitasi

Rabu, 6 Oktober 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan acara Webinar Manajemen Sitasi, 5 Oktober 2021. Acara Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret ini berjalan baik dengan dihadiri oleh 44 partisipan dari S1 dan S2 Pendidikan Biologi dengan menghadirkan narasumber yang kompeten dalam bidang penelitian pendidikan yaitu Dr. Bowo Sugiharto yang juga merupakan Kepala Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Acara yang dipandu moderator Suci Hatru Ramadhani selaku mahasiswa Pascasarjana Universitas Sebelas Maret berjalan baik. Narasumber begitu antusias dalam membahas mengenai bagaimana mencari sumber referensi yang baik, teknik dalam mensitasi referensi tersebut, hingga memetakan sumber-sumber referensi tersebut menggunakan software VOS viewer.

Menurut Dr. Bowo Sugiharto, kegiatan mensitasi hingga membuat daftar pustaka tak akan dirasa merepotkan apabila peneliti tahu bagaimana teknik-teknik mensitasi dengan baik dan benar menggunakan software-software komputer, seperti mendeley ataupun zotero. Hal yang perlu diingat dalam mensitasi adalah peneliti harus mengikuti gaya selingkung dari jurnal yang akan dijadikan tempat untuk mensubmit karya ilmiahnya. Gaya selingkung dari jurnal yang satu dengan jurnal yang lain tentulah akan berbeda. Apabila peneliti tidak memahami cara mensitasi dengan efektif, maka akan timbul kebingungan dari diri peneliti ketika akan menyesuaikan gaya penulisan sitasi dan daftar pustaka pada karya ilmiahnya dengan ketentuan pada jurnal," terang Ketua Program Studi Pascasarjana Pendidikan Biologi UNS.

Oleh karena itu, manajemen sitasi menjadi penting untuk dipahami oleh peneliti ketika akan menuliskan hasil penelitiannya. Topik materi yang menarik ditambah dengan penyampaian yang santai namun serius membuat peserta webinar terlarut dalam acara tersebut. Acara yang dimulai pukul 09.00 WIB melalui aplikasi zoom, berakhir pada pukul 11.00 WIB dengan ditutup oleh sesi diskusi dan tanya jawab.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab tersebut tampak antusiasme dari peserta. Beberapa peserta menanyakan tentang bagaimana mendownload dan menginstall aplikasi publish or perish, teknik dalam mengimpor referensi bentuk RIS ke dalam aplikasi Mendeley, dan cara mensitasi sumber referensi berbentuk website melalui aplikasi Mendeley.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR