Senin, 25 Januari 2021
Sosok Inspirasi

Promosi Rokok Melibatkan Anak Merupakan Bentuk Eksploitasi Anak

Rabu, 25 November 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Sejumlah pegiat perlindungan anak dari berbagai kota di Indonesia dan pakar hukum pidana sepakat bahwa promosi rokok yang melibatkan anak merupakan bentuk eksploitasi anak. Demian benang merah dari media Briefing bertema “2 Dekade Gugatan Promosi Rokok dengan Eksploitasi Anak Dulu dan Sekarang” yang diselenggarakan Yayasan Kepedulian untuk Anak Surakarta (KAKAK) dan Yayasan Lentera Anak (YLA), di Hotel Haris, Solo, Rabu (25/11/2020).

Pakar Perlindungan Anak, Prof Irwanto menegaskan salah satu hak anak adalah hak kesehatan dan kesejahteraan dasar, dimana anak berhak memperoleh standar kehidupan yang layak mereka berkembang baik fisik, mental, spiritual, moral dan sosial dengan baik. “Dengan kata lain anak berhak mendapatkan perlindungan dari segala bentuk ancaman yang dapat merugikan kepentingan terbaiknya untuk tumbuh kembang secara sehat, termasuk perlindungan dari ancaman bahaya rokok, ujarnya.

Lebih lanjut Prof Irwanto mengatakan dalam upaya melindungi anak dari bahaya rokok perlu dilakukan sejumlah langkah serius untuk melindungi tumbuh kembang anak agar mereka mendapatkan awal yang bagus. Karena itu, dalam konteks keluarga, orang tua yang sehat sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan hidup anak yang sehat.

Sementara itu, menurut penggiat perlindungan anak, Emmy L Smith, tidak tinggal diam menanggapi promosi rokok yang massif menyasar anak, sejak 20 tahun lalu Yayasan KAKAK sudah mengajukan gugatan terhadap promosi rokok, yakni gugatan legal standing terhadap PT BAT Indonesia di Pengadian Negeri Surakarta.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR