Selasa, 24 November 2020
Sosok Inspirasi

Psikolog Usahid, Sri Ernawati: Perankan Guru BK Ikut Kelola Siswa

Kamis, 29 Oktober 2020

KISUTA.com - Psikolog Universitas Sahid (Usahid) Solo Sri Ernawati menyatakan kenapa di era pandemi ini banyak siswa bunuh diri? "Hal ini bisa dikarenakan aspek emosionalnya belum dikelola dengan matang," ungkap Ernawati kepada wartawan, melalui telpon seluler, di Solo, Kamis (29/10/2020).

Menurut Ernawati, karena memang salah satu hal yang terkena adalah emosi seseorang. Padahal aspek ini merupakan benteng utama dari sisi psikologis seseorang.

Tugas yang menumpuk, sulitnya sinyal, ekonomi yang menghimpit membuat siswa merasa tertekan dan sulit menyampaikan ke ortu hingga akhirnya mengalami stress dan depresi. "Akhirnya ambil jalan pintas, mengakhiri hidupnya," ujarnya.

Lebih lanjut Pakar Psikologi Usahid ini mengatakan, salah satu solusi adalah sekolah dapat mengurangi beban belajar secara online kepada siswanya atau membuat jadwal yang diatur sedemikian rupa berdasarkan kondisi siswa

Sejalan itu, menurut Ernawati, perankan guru Bimbingan Konsuling (BK) yang dimiliki sekolah untuk ikut mengelola siswa."Daring sebetulnya tidak apa-apa...tapi jangan memberi tugas yang bertumpuk pada siswa," ujarnya.

Karena kenapa siswa stress? Karena rata-rata, siswa mengeluh semua guru memberi tugas yang banyak dan waktu pengumpulan hampir berbarengan. "Guru juga perlu menambah teknik mengajarnya agar siswa tidak jenuh atau bosan," jelasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR