Selasa, 20 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

Rektor UNS: Maba PPDS Diharapkan Miliki Bekal "Paket Komplet"

Senin, 24 Agustus 2020
Humas UNS

KISUTA.com - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Jamal Wiwoho berharap Mahasiswa Baru (Maba) Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Periode pertama tahun akademik 2020/2021 memiliki bekal berupa "Paket Komplet". "Paket Komplet" ini yaitu berupa ilmu, nyali dan energi lebih untuk menghadapi pandemi Covid-19.

"Dalam menghadapi wabah Covid-19, para Maba PPDS ini dituntut memiliki bekal berupa "Paket Komplet". Disamping itu, Saudara perlu memiliki informasi yang cukup dan valid mengenai Covid-19, agar tidak berlebihan dalam bertindak dan tidak pula lalai dalam melakukan tindakannya," terang Prof. Jamal di acara Pelantikan Maba PPDS Periode 1 Tahun Akademik 2020/2021 di Aula Gedung Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Senin (24/8/2020).

Prof. Jamal berharap mahasiswa PPDS mampu memberikan kontribusi dalam melakukan riset terhadap penemuan obat yang mampu menangkal Covid-19. "Mahasiswa PPDS akan memiliki peran ganda, tidak saja menjadi mahasiswa tetapi juga menjadi relawan untuk garda terdepan dalam penanganan Covid-19," imbuh Prof. Jamal.

Sementara itu, Dekan FK UNS, Prof. Reviono menyampaikan jika poin utama dari PPDS ialah transfer skills dan pengetahuan. Pra pendidikan akan dilakukan di FK UNS dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi Surakarta sebagai RS Pendidikan Utama. Prof. Reviono juga berpesan bahwa mahasiswa wajib melakukan infection control dimanapun berada, baik ketika menempuh pendidikan atau usai melakukan praktik dari RS.

"Sesuai dengan yang disampaikan oleh Pak Rektor bahwa anda ini nantinya akan melakukan pelayanan. Karena masyarakat membutuhkan pelayanan kesehatan yang tidak bisa ditunda, sehingga dalam memberikan pelayanan tentunya harus menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan APD level pelayanan kesehatan," kata Prof. Reviono.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 84 Maba PPDS dilantik. Hadir dalam pelantikan tersebut pejabat univeritas, jajaran dekanat FK UNS, perwakilan mitra dan 13 perwakilan mahasiswa baru. Acara ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube FK UNS. Penyematan kartu mahasiswa secara simbolik diwakili oleh dua Maba yaitu dr. Muhammad Apri Rajab dari Program Studi (Prodi) Bedah dan dr. Endang Linawati dari Prodi Radiologi.

Dengan disaksikan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, keduanya menyematkan kartu mahasiswa secara mandiri. Hal ini dilakukan sebagai wujud tetap menjalankan protokol kesehatan.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR