Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

Rektor UNS Membuka secara Resmi KRTI 2021

Senin, 15 November 2021
Humas UNS

KISUTA.com - Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Universitas Sebelas Maret (UNS) resmi dibuka, Senin (15/11/2021). Pembukaan tersebut dilakukan oleh Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dengan ditandai pemukulan gong. KRTI 2021 akan berlangsung selama lima hari ke depan hingga Jumat (20/11/2021) di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS.

Selain dihadiri oleh Rektor UNS, pembukaan KRTI ini juga turut dihadiri oleh pimpinan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Ketua Panitia KRTI, Prof. Dody Ariawan, Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Ahmad Yunus, Wakil Rektor Umum dan Sumber Daya Mahasiswa, Prof. Bandi, Wakil Rektor Riset dan Inovasi, Prof. Kuncoro Diharjo, dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan.

Dalam laporannya, Prof. Dody menyampaikan bahwa KRTI 2021 diikuti oleh 163 tim dari 61 perguruan tinggi di Indonesia. Sebanyak 163 tim tersebut terbagi ke dalam empat divisi dengan tema yang berbeda.

“Empat divisi tersebut yaitu Divisi Racing Plane (RP), Divisi Fixed-Wing (FW), Divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL), dan Divisi Technology Development (TD). Kompetisi ini bertujuan untuk memberikan sarana kepada mahasiswa dalam berkreasi dalam bidang aerodinamis, terutama robot terbang. Selain itu juga sebagai wadah berjejaring, bertukar informasi, dan edukasi masyarakat umum, pelajar, pengamat, peneliti, pegiat robot terbang,” kata Prof. Dody.

Sementara itu, Muslih, M.Si. selaku Ketua Subbagian Tata Usaha Puspresnas menyampaikan bahwa penyelenggaraan KRTI ini merupakan salah satu bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Tujuannya  untuk mendorong mahasiswa agar tidak hanya aktif dalam akademik saja, tetapi juga mampu menjadi  individu kreatif, berdaya saing, dan berkarakter. Kegiatan KRTI diadakan dalam rangka melatih mahasiswa mengenai wahana terbang nirawak,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut berupa penilaian terkait pengukuran konfigurasi, pengendalian, dan pendataan, parameter terbang, mampu melakukan pemantauan, pemetaan dan pengiriman paket barang pada suatu lokasi atau gedung vertikal.

Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho menyampaikan apresiasi atas kepercayaan Kemendikbudristek kepada Fakultas Teknik (FT) UNS sebagai tuan rumah sekaligus panitia penyelenggara KRTI 2021. 

“UNS berkomitmen akan senantiasa memberikan layanan yang terbaik untuk suksesnya penyelenggaraan kontes pesawat tanpa awak atau KRTI dari tanggal 15-20 November 2021. Selamat datang dan selamat bertanding 163 tim dari 61 perguruan tinggi yang berasal dari Sumatera, Batam, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Maluku Utara,” tutur Prof. Jamal.

Selama lima hari ke depan, 163 tim tersebut akan bertanding pada gelaran tahunan yang diselenggarakan oleh Puspresnas tersebut. Selain sebagai tuan rumah, UNS yang diwakili oleh Bengawan UV team juga berhasil mengirimkan wakil pada empat divisi perlombaan.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR