Sabtu, 27 November 2021
Sosok Inspirasi

SD Muh PK Kottabarat Surakarta Gelar Festival Muharam Merdeka

Rabu, 11 Agustus 2021
Ist.

KISUTA.com - Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriyah dan HUT kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia, SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyelenggarakan Festival Muharam Merdeka 2021, Rabu (11/8/2021).

Kegiatan yang ditujukan untuk seluruh siswa kelas I-VI SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta ini mengusung tema "Semangat Muharam, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh," berlangsung selama dua pekan, yaitu tanggal 1-14 Agustus 2021.

Festival Muharam Merdeka 2021 diisi dengan beberapa jenis lomba untuk kategori kelas bawah (I-III) dan kelas atas (IV-VI).

Jenis lomba untuk kelas bawah (I-III), yaitu lomba mewarnai kaligrafi, video membaca surat Al Fatihah dengan irama Nahawand, video menyanyikan lagu nasional, dan menghias piring kertas.

Sedangkan jenis lomba untuk kelas atas (IV-VI), yaitu melukis kaligrafi, video membaca surat Al Fatihah dengan irama Nahawand, video menyanyikan lagu nasional, dan membuat kreasi dari barang bekas.

Ketua panitia kegiatan, Taryanto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas kerjasama tim klaster guru agama dan tim klaster guru ilmu sosial, karena momentum tahun baru Islam dan HUT kemerdekaan berdekatan waktunya.

"Tujuan kegiatan supaya siswa tetap bersemangat dalam merayakan tahun baru Islam dan hari kemerdekaan dengan mengikuti berbagai pilihan lomba, meskipun masih dalam suasana keprihatinan akibat pandemi," ungkap Anto, Rabu (11/8).

Menurutnya, pengumpulan materi lomba paling lambat Sabtu, 14 Agustus 2021 melalui tautan Google Drive yang sudah disiapkan oleh panitia.

"Panitia akan mengambil juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3 untuk setiap jenis lomba dan setiap jenjang kelas. Pengumuman hasil lomba akan disampaikan saat puncak peringatan HUT kemerdekan RI pada tanggal 17 Agustus 2021 dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube SDMUHPK TV," imbuhnya.

Anto juga berharap seluruh siswa bisa berpartisipasi dalam menyemarakkan perlombaan tersebut.

"Kami mohon kerjasama dari wali kelas, pembimbing akademik, dan orang tua/wali untuk memotivasi anak-anak supaya lebih bersemangat mengikuti lomba Festival Muharam Merdeka," pungkasnya.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR