Rabu, 25 November 2020
Sosok Inspirasi
Prof. Harun Joko Prayitno, Guru Besar Pendidikan UMS

Sekolah Ditunda, Pendidikan sebagai Upaya Pemandirian dan Pendewasaan Peserta Didik Harus Tetap Diupayakan

Sabtu, 20 Juni 2020
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Secara umum atau sebagian besar daerah akan menerapkan penundaan belajar tatap muka sampai dengan Desember 2020.

"Praktis pendididikan tatap muka berhenti selama 10 bulan sejak ditetapkan awal Maret 2020 lalu," ungkap Guru Besar Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Harun Joko Prayitno kepada kisuta.com, di Kampus UMS, Kartasura Sukoharjo, Sabtu (20/6/2020).

Harun mengatakan, jika pembelajaran tetap dilaksanakan secara daring maka anak-anak terutama jenjang pendidikan dasar adalah yang paling terdampak dari aspek keterampilan dan afektifnya.

"Hal ini disebabkan pembelajaran daring memang hanya pas untuk tataran knowing dan jenjang menengah dan perguruan tinggi," ungkapnya.

Oleh sebab itu, lanjut Harun yang Dekan FKIP UMS, sebagai upaya untuk mendewasakan dan memandirikan aspek keterampilan dan sikap peserta didik tersebut perlu didesain model pembelajaran tamu dalam skala terbatas.

"Home visits dan/atau home shooling merupakan salah satu alternatif yang paling tepat dalam konteks pandemi yang unpredictable ini," ungkap Ketua ALPTK Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) Indonesia.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR