Kamis, 22 Oktober 2020
Sosok Inspirasi

Shalat Dhuha Bersama Tandai Dies Natalis ke-37 Uniba Surakarta

Selasa, 28 Juli 2020
Humas Uniba
KHOTIB Dr. Amir Junaedi mengulas dan meluruskan tentang sejarah Uniba Surakarta dengan nilai-nilai keislamannya.*

KISUTA.com - Perayaan Dies Natalis Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta ke 37 yang jatuh tanggal 28 Juli,berbeda dari tahun sebelumnya. "Perayaan ditandai dengan Shalat Dhuha dan doa bersama yang dilanjutkan dengan prosesi pengajian menjadi inti acara Dies Natalis Uniba Surakarta," ungkap Humas Uniba Surakarta, Agni kepada wartawan, di Kampus Uniba Solo, Selasa (28/7/2020).

Agni mengatakan, acara tersebut dihadiri oleh pihak-pihak internal Uniba Surakarta. Hal tersebut dikarenakan adanya masa pendemi Covid-19, sehingga mengharuskan adanya pembatasan sosial. Acara tersebut menerapkan protokol kesehatan, mengingat masa pandemik ini belum berakhir.

Rangkaian acara perayaan tersebut, menurut Agni, dimulai dengan pembukaan dan shalat dhuha bersama. Selepas shalat dhuha, acara dilanjutkan dengan doa bersama. Hal tersebut dilakukan dengan landasan wujud syukur civitas akademika UNIBA Surakarta sebagai lembaga pendidikan yang selalu berupaya menjaga kualitas layanan. Selain itu, rangkaian acara ini juga sebagai bentuk munajat kepada Allah SWT agar senantiasa diberkati dengan rahmat dan hidayah.

"Acara selanjutnya adalah Pengajian yang juga berisi dengan kilas balik Sejarah Uniba Surakarta," jelasnya.

Pengajian dengan khotib Dr. Amir Junaedi mengulas dan meluruskan tentang sejarah Uniba Surakarta dengan nilai-nilai keislamannya.

Uniba Surakarta yang pada mulanya bernama Universitas Islam Kyai Mojo (UIM) lahir pada tanggal 26 Juli 1983 di bawah naungan Yayasan Perguruan Tinggi Islam Kyai Mojo (YAPERTIM). Kelahiran UIM ini merupakan hasil dari penggabungan antara Akademi Akuntansi dan Manajemen Batik Surakarta (AAM) dengan Universitas Islam Surakarta (UNIS).

Uniba semula bernama Universitas Islam Kyai Mojo (UIM), merupakan peningkatan status dari akademi akuntansi dan manajemen (AAM )Batik yang bergabung dengan beberapa Fakultas dari UNIS berdasarkan SK Kopertis wilayah VI nomor. 1137/K.14.39/KOP. VI/1983 tanggal 26 Juli 1983. UIM membuka tiga fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, dan Fakultas Pertanian. Sedangkan UNIS mengelola Fakultas Tarbiyah dan Syariah.

Pada tanggal 28 Maret 1989 diubah menjadi Universitas Islam Batik Surakarta (Uniba Surakarta) sesuai dengan persetujuan Mendikbud RI dengan surat keputusan NO. 0161/0/1989. Pada saat ini mengelola tiga fakultas yaitu: Ekonomi (Manajemen dan Akuntansi), Hukum, Pertanian (Agribisnis, Agroteknologi, Peternakan, Teknik Industri dan Teknik SIpil) dan satu Program Pasca Sarjana.

Uniba Surakarta mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berpartisipasi meramaikan perayaan Dies Natalis Uniba yang ke-37 dengan mengirimkan berbagai karangan bunga.

"Dalam Perayan Dies Natalis yang ke 37 ini, diharapkan menjadi universitas yang selalu berikhtiar untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan yang berasaskan Islam," ujarnya.* eko prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR