Sabtu, 21 Mei 2022
Sosok Inspirasi

SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Perkuat Akhlak Melalui  Outbond  Karakter

Senin, 14 Maret 2022
Eko Prasetyo/KISUTA.com

KISUTA.com - Pada awal fase remaja awal 12-13 tahun peseta didik kelas 7 akan cenderung membentuk kelompok pergaulan. Menyadari hal tersebut  SMP Muhammadiyah 1 Surakarta mengajak  peserta didik kelas 7 Program Khusus melakukan outbond karakter di New Rivermoon, Karanglo, Polanharjo, Klaten, Senin (14/3/2022).

Sebelum memulai outbound para siswa melakukan pemanasan dengan peregangan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pembagian kelompok. Pada permainan pertama siswa melakukan game bernama “Benar Salah”.  Siswa akan melakukan lompatan sambil berpegangan pada pundak teman sekelompoknya. Bila di berikan instruksi maju maka siswa akan lompat maju, dan bila kanan maka lompat kekanan. Permainan tersebut dilakukan variasi dengan kata “Benar“ maka siswa akan melakukan gerakan sesuai instruksi, sedangkan ketika kata “salah” maka siswa akan melakukan berlawanan dengan instruksi yang diberikan. Dengan durasi 20 menit siswa sangat menikmati permainan. Selesai permainan siswa ditanya apa hikmah dari permainan ini. Siswa merasakan mereka membutuhkan konsentrasi, dan kekompakan.  

Game kedua adalah everybody sit. Masing-masing siswa berdiri sambil berpegangan pada pundak teman, ketika Intruktur mengatakan every body sit maka siswa akan duduk di lutut teman, sedangkan siswa paling belakang akan menahan punggung teman depannya dengan satu kaki agar barisan tidak jatuh. Permainan ini berlangsung 15 menit, dan bermanfaat menumbuhkan rasa percaya kepada teman, melatih kekompakan dan motorik. 

Game selanjutnya mulai berhubungan dengan angka dan logika. Permainan tersebut adalah seven Boom dan menyusun persegi dari 3 bangun. Tahap selanjutnya permainan yang  membuat siswa berkotor-kotor dengan air dan tepung. Siswa berbaris dengan posisi duduk dengan mengoperkan air tetapi tetap dalam posisi menghadap depan, dan hanya tangan yang mengoperkan ke belakang, hingga wadah paling belakang terisi.Permainan ini menanamkan nilai menjaga amanah pada siswa, ketika kita mendapatkan amanah maka harus kita lakukan dengan sebaik-baiknya. Permainan ditutup dengan tubbing di Sungai Pusur sejauh 2 kilometer.

Pada sesi Penutupan Kepala SMP Muhammadiyah 1 Surakarta H. Ahmad Sukidi, S.Ag, M.Pd. menyampaikan bahwa, “Kegiatan outbound hari ini menjadi gambaran bahwa dunia adalah hanya sekedar permainan dan sementara, maka jangan tertipu dengan godaan di dunia, dan persiapkan akhirat yang abadi dengan sebaik-baiknya.” Perwakilan Siswa, yakni Farah Alia Zahra Suwarno kelas 7PK2, dan Zulfa Lailika Nurul Shalikhah kelas 7PK1 menyatakan senang mengikuti kegiatan hari ini dan dapat semakin mengakrabkan hubungan dengan teman.* Eko Prasetyo - kisuta.com


BAGIKAN

BERI KOMENTAR